YouTube Beri Penghargaan untuk Komunitas Edukreator

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 25-11-2021

Pada 27 November 2021, YouTube akan menyelenggarakan Penghargaan Akademi Edukreator. Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah pembuat konten pendidikan Indonesia yang berhasil mengembangkan channel-nya.

Sejumlah konten kreator kategori pendidikan yang menjadi peserta Edukreator Academy pada tahun 2021 akan mendapatkan penghargaan tersebut. Selama bulan Juli hingga November 2021, mereka mengikuti sekitar sepuluh kelas dengan berbagai tema pengembangan konten.

Gerald Sebastian, Co-Founder & Business Director Kok Bisa, yang sekaligus berperan sebagai dewan juri Penghargaan Akademi Edukreator 2021, mengatakan bahwa pihaknya bakal mengumumkan sejumlah kategori kanal terbaik di malam apresiasi tersebut.

"Akan ada beberapa kategori mencakup kanal Edutainment terbaik, kanal Akademik terbaik, serta kanal Vokasi terbaik," kata Gerald dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/11/2021).

Menurut Gerald, kategori Edutainment merupakan penghargaan bagi kanal yang bisa membuat video yang menghibur, namun tetap edukatif. Lalu, kategori Akademik adalah kanal yang membuat video pendidikan atau materi pembelajaran dengan menarik dan bagus.

Sementara itu, kategori Vokasi merupakan kanal yang membuat video edukatif yang langsung bisa diterapkan ke kehidupan nyata.

Kriteria kanal terbaik dilihat berdasarkan performa suatu kanal selama beberapa minggu ke belakang, terutama setelah mereka mengikuti kelas Akademi Edukreator 2021.

"(Kriteria) kanal-kanal tersebut dilihat dari perkembangannya selama kurang lebih satu bulan, serta potensi kanal tersebut untuk diapresiasi sebagai salah satu kanal terbaik yang ada di Akademi Edukreator 2021," imbuh Gerald.

Menurut data YouTube, waktu tonton video terkait pengetahuan, yang mencakup topik-topik seperti sains, humaniora, bisnis, dan hukum, di Indonesia dalam satu tahun terakhir hingga Juni 2020 tumbuh lebih dari 80% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Yang lebih menginspirasi adalah melihat bagaimana kreator konten di seluruh negeri membawa YouTube sebagai platform untuk komunitas orang-orang dengan minat dan passion yang sama, juga 'pembelajar seumur hidup' berkumpul," kata Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, dalam jumpa pers daring, Rabu (24/11).

Ia melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung komunitas kreator konten untuk berkembang, menemukan komunitas, mendobrak hambatan dan membuka peluang diri mereka melalui berbagai inisiatif yang dapat mendukung perkembangannya.

"Sehingga, mereka dapat melanjutkan untuk meningkatkan keterampilan diri di samping pertumbuhan kanal YouTube mereka. Beberapa inisiatif yang kembali tahun ini antara lain YouTube Next Up dan Akademi Edukreator," imbuhnya.

Malam Penghargaan Akademi Edukreator 2021 sendiri bakal digelar secara virtual pada 27 November 2021 mendatang pukul 19.00 WIB secara live streaming di kanal YouTube Kok Bisa, kanal Kemendikbud RI, dan kanal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Tag : youtube, penghargaan, edukreator, akademi edukreator 2021

Berita Terkait