Peringkat ke-5 Dunia, Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 100 Juta Orang

Dosis pertama vaksin telah disuntikkan ke 100 juta warga Indonesia

rini | Kesehatan | 12-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Upaya pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksninasi covid-19 bagi masyarakat Indonesia sukses besar. Sebanyak 100 juta warga Indonesia telah menerima vaksin dosis pertama dan sebanyak 57 juta diantaranya sudah melaksanakan vaksinasi dosis kedua. Pemcapaian ini membuat Indonesia berada di posisi kelima negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia.

“Kita telah menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama kepada lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia. Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada, kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, drg. Widyawati, MKM, Senin (10/10) di Jakarta.

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut pencapaian ini adalah hasil dari kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan upaya Kemenkes untuk meningkatkan suntikan vaksin perharinya menjadi dua juta dosis.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi," katanya.

Kasus covid-19 di Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis, daerah-daerah di Indonesia juga sudah melonggarkan aturan pelaksanaan PPKM. Menkes menyebut penurunan kasus ini terjadi karena sebagian besar masyarakat sudah memiliki kekebalan setelah vaksinasi.

Namun masyarakat dianjurkan tidak lupa menjalankan protokol kesehatan agar gelombang ketiga covid-19 tidak kembali melanda Indonesia.  

Tag : kesehatan, vaksinasi, covid-19, indonesia tertinggi, kelima di dunia

Berita Terkait