Twitter Uji Coba Fitur Live Shopping, Bisa Belanja Sambil Livestream

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 24-11-2021

Media sosial Twitter dikabarkan tengah menguji fitur terbarunya yaitu “Live Shopping”. Fitur ini mengizinkan pengguna menelusuri dan berbelanja barang sambil menonton siaran langsung.

Kehadiran Live Shopping diumumkan melalui sebuah postingan di blog resmi Twitter, baru-baru ini. Saat uji coba, fitur Live Shopping ini baru bisa didapatkan oleh pengguna Twitter di desktop dan perangkat iOS.

Twitter akan berkolaborasi dengan Walmart dalam siaran live stream jualan pertama tersebut, digelar juga dalam rangka program promosi Walmart pada 28 November mendatang.

Acara live stream akan dipandu Jason Derulo, dan akan berlangsung 30 menit. Livestream tersebut akan menampilkan beberapa barang yang dijual seperti elektronik, perlengkapan rumah, pakaian, dekorasi musiman, dan lebih banyak lagi.

“Semua orang secara alami datang ke Twitter ketika ada acara besar. Livestreaming secara langsung melalui Twitter memberi para bisnis kekuatan untuk memperbesar pengaruh mereka dan menambahkan kemampuan penggemar bisnis mereka untuk berbelanja secara langsung.” Jelas Twitter dalam blog-nya.

Live Shopping memungkinkan pengguna menyaksikan video live streaming dari toko atau brand favorit mereka ketika sedang menjajakan produk beserta promonya.

Sembari menyaksikan live streaming, pengguna bisa belanja online dari toko tersebut. Dalam sebuah gambar yang disertakan oleh Twitter, pengguna tampaknya bisa mengakses live streaming dari suatu toko melalui menu "Home".

Ketika masuk ke live streaming, pengguna akan menemui antarmuka (UI) Live Shopping. Di bagian atas, pengguna dapat melihat acara live streaming yang disiarkan oleh toko atau brand tertentu.

Di bawah video live streaming, pengguna akan melihat sebuah banner yang memuat produk yang dijual oleh toko tersebut.

Kemudian di bagian bawah lagi, pengguna bisa menemukan detail acara live yang ditontonnya. Selanjutnya, pengguna akan menemui tab "Shop", mirip seperti di Instagram.

Di tab ini, pengguna bisa melihat gambar, nama, deskripsi singkat produk, dan harga produk yang dijual toko. Ketika diklik, pengguna akan menemui situs toko tersebut dalam tampilan in-app browser (langsung di aplikasi Twitter).

Singkatnya, dari segi tampilan User Interface (UI), Twitter Live Shopping menampilkan 3 bagian utama yaitu video livestream, katalog produk, dan feed. Ketiga bagian tersebut akan mempermudah pengguna dalam memilih produk favorit yang tersedia.

Video livestream nantinya juga bisa dijalankan melalui secara Picture-in-Picture (PiP) saat pengguna beralih ke bagian katalog produk.

Sehingga, saat dalam mode in-app browser, tampilan live streaming yang disiarkan oleh toko tadi akan tetap muncul dalam jendela seperti picture-in-picture. Dengan begitu, pengguna tak akan melewatkan siaran langsung meski sedang berbelanja online.

Jika fitur jualan livestream menjadi permanen di Twitter, maka media sosial yang hadir sejak 2006 itu akan menyamai predikat media sosial lainnya yang menyelipkan fitur e-commerce di dalamnya, seperti dua nama besar dari Meta, Facebook dan Instagram.

Tag : twitter, live shopping, fitur baru, belanja online

Berita Terkait