Manfaat Buah Ciplukan yang Jarang Diketahui

Buah Ciplukan

rini | Kesehatan | 14-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Ciplukan merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh liar di kebun, sawah atau di tepi jalan. Mempunyai rasa yang kecut dan manis dengan buah berwarna kuning yang dibungkus kulit luar yang tipis.

Namun ciplukan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung senyawa chlorogenik acid, asam sitrum dan fisalin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Berikut manfaat dari mengkonsumsi buah ciplukan:

Turunkan kolesterol

Ciplukan mengandung pitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat.

Menurunkan Berat Badan

Ciplukan adalah makanan rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan saat diet. Buah ini dapat memberikan asupan nutrisi harian yang besar untuk tubuh tanpa menyumbang lemak atau kalori negatif.

Kontrol Diabetes

Ciplukan memiliki kandungan senyawa yang mampu memperlambat penguraian asupan gula dalam darah.

Hal tersebut membuat tubuh akan terlindungi dari tingginya kadar gula karena reseptor insulin dapat diatur dengan benar.

Mencegah kerusakan sel

Buah ciplukan adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh akibat efek radikal bebas.

Memiliki Khasiat Antiinflamasi

Selain buahnya, daun ciplukan juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan.

Pasalnya daun ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik yang mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan penyakit seperti radang sendi, asam urat dan wasir.

Baik Kesehatan Ginjal

Ciplukan juga dipercaya sebagai salah satu obat deuretik yang dapat membantu menghilangkan racun melalui rangsangan untuk buang air kecil.

Buah ini juga dapat membuang kelebihan lemak, garam dan racun dari sistem limfatik yang akan menjaga kerja ginjal lebih optimal.

Tag : kesehatan, buah ciplukan, manfaat ciplukan, kandungan ciplukan

Berita Terkait