Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close Aplikasi di Android

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 20-11-2021

Sebagian pengguna smartphone Android pasti pernah mengalami masalah “Force Close” pada aplikasi Android. Hal ini mungkin membuat sebagian orang tadi kebingungan. Tapi tak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu masalah yang sering menimpa para pengguna smartphone Android adalah munculnya pesan “Unfortunately…(nama aplikasi) has stopped” dan force stop ketika sedang menjalankan aplikasi atau bermain game.

Jika tidak segera diatasi maka akan menimbulkan permasalahan baru bahkan merusak smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi force close tersebut. Berikut ini penyebab force close di aplikasi Android.

1. Aplikasi yang Bermasalah

Penyebab force close pada aplikasi Android dimungkinkan disebabkan oleh permasalahan yang dialami aplikasi tersebut. Aplikasi ini berpeluang memiliki bug yang dapat mengganggu pengalaman penggunaan.

Jika ini masalahnya, maka solusinya adalah dengan melakukan update ke versi aplikasi baru yang tersedia. Apabila belum ada update, sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut atau malah bisa langsung menghapusnya saja.

2. File cache menumpuk

Penyebab lainnya dari permasalahan aplikasi ini juga bisa disebabkan oleh banyaknya file cache atau file sampah dan tidak terpakai tersimpan di perangkat. Untuk itu, pengguna disarankan untuk membersihkan cache di ponsel secara rutin, sehingga meminimalisir penumpukan file sampah ini dan mencegah dampak gangguannya pada kinerja ponsel.

Ketika menemui masalah force close di aplikasi tertentu, Anda dapat membersihkan cache pada aplikasi tersebut.

Caranya cukup mudah yakni sebagai berikut: Buka menu “Settings” terlebih dulu lalu pilih “Application Management”. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache-nya. Kemudian “Clear Cache”.

Dengan melakukan langkah tersebut, masalah force close dapat teratasi. Namun, jika masih bermasalah, Anda bisa menghapus Clear Data untuk menghapus semuanya, lalu masuk kembali ke aplikasi tersebut.

3. RAM Penuh

Salah satu penyebab aplikasi yang force close secara tiba-tiba adalah RAM android yang penuh. Hal ini mungkin dikarenakan spesifikasi yang ada pada HP androis anda kurang mumpuni, misalnya RAM yang ada pada HP android anda hanya menggunakan RAM 512 MB atau bahkan dibawahnya.

Jadi jangan heran jika HP Android anda sering memunculkan notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”. RAM yang penuh biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya menginstal aplikasi-aplikasi yang berukuran besar, ditambah lagi aplikasi tersebut selalu aktif di belakang layar.

4. Aplikasi Masih BETA

Penyebab yang lainnya adalah aplikasi yang anda gunakan masih versi BETA. Aplikasi yang masih BETA adalah aplikasi yang belum stabil artinya aplikasi yang anda instal masih dalam tahap uji coba sehingga masih banyak.

5. Data Aplikasi Corrupt

Penyebab yang lain adalah Data aplikasi yang corrupt. Dapat dipastikan jika Anda menggunakan data aplikasi yang corrupt akan menyebabkan error pada saat menjalani aplikasi tersebut, hal ini disebabkan karena pengguna Android suka mengunduh games data disitus penyedia Aplikasi bukan di Google Play Store.

Hardware ponsel mungkin sudah terlalu tua dan laama-kelamaan HP android yang sering Anda gunakan akan usang karena sudah terlalu lama digunakan. Hal ini juga dapat menyebabkan HP android menjadi force close secara tiba-tiba karena hardware pada HP android anda mengalami penurunan performa.

Jadi untuk anda yang memiliki HP android yang sudah usang tidak perlu heran apabila sering muncul notifikasi force close. Untuk mengatasi permasalahan ini, berikut sejumlah langkah yang dapat pengguna lakukan.

- Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bahwa force close dapat terjadi akibat permasalahan yang dialami aplikasi. Jika permasalahan ini menjadi alasan force close, pengguna dapat mencoba melakukan update aplikasi tersebut ke versi terbaru.

Umumnya, update menyediakan perbaikan untuk permasalahan atau bug pada aplikasi sehingga pengguna tidak akan lagi mendapati permasalahan serupa. Update dapat diperiksa dan diunduh via toko aplikasi.

- Update sistem operasi smartphone

Salah satu cara mengatasi aplikasi force close yaitu dengan melakukan update sistem operasi smartphone yang pengguna digunakan. Hal ini memungkinkan bug diperbaiki sehingga smartphone dapat menyuguhkan performa lebih optimal.

Pengguna dapat memeriksa ketersediaan update untuk sistem operasi ini di perangkat Android pada menu Pengaturan, lalu Pembaruan Sistem, dan Periksa Pembaruan.

- Hapus aplikasi dan instal ulang

Cara lainnya yaitu menghapus aplikasi yang bermasalah, dan mengunduhnya kembali secara langsung dari toko aplikasi. Hal ini mampu menyelesaikan masalah sebab umumnya, aplikasi yang tersedia di toko aplikasi merupakan versi teranyar.

- Reboot smartphone

Cara termudah untuk mengatasi aplikasi yang mengalami force close adalah dengan melakukan reboot atau restart smartphone. Dengan demikian, smartphone akan kembali segar dan dapat mengatasi masalah aplikasi kerap mengalami masalah force close.

- Factory Reset atau Reset Pabri

Cara terakhir yang dapat pengguna coba jika cara lain tidak berhasil menyelesaikan permasalahan ini yaitu dengan melakukan factory reset atau reset pabrik pada perangkat dengan aplikasi bermasalah tersebut.

Namun perlu diingat, melakukan reset pabrik ini akan menghapus seluruh data dari perangkat dan mengembalikannya ke kondisi layaknya saat perangkat baru dibeli. Karenanya, pengguna diimbau untuk melakukan backup pada data di perangkat sebelum melakukan factory reset.

Reset pabrik ini dapat dilakukan dengan mengakses menu “Settings”, lalu “Additional Settings”, “Factory Reset”, dan pilih “Erase Data”. Pengguna perlu menunggu proses penghapusan data selesai.

Itulah beberapa penyebab dan tips untuk mengatasi force close di aplikasi Android yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tag : android, force close, tips, aplikasi, masalah aplikasi android

Berita Terkait