Developer Indonesia Buat Game Tentang Kesehatan Mental

Cuplikan Game The Sun Shines Over Us, bertema kesehatan mental

Wanovy | Teknologi | 13-10-2021

Developer game indie asal Indonesia, Eternal Dream Studio bekerja sama dengan Niji Games telah merilis game bertajuk “The Sun Shines Over Us” di Google Play Store.

Game dengan nama lain "Menggapai Matahari" ini berupa sebuah novel visual yang mengulas masalah kesehatan mental di kalangan remaja.

The Sun Shines Over Us resmi dirilis pada 7 Oktober 2021, bertepatan dengan perayaan hari Kesehatan Mental Dunia, dan bisa diunduh secara gratis lewat Google Play Store.

Game ini sengaja dibuat guna menyebarkan kesadaran akan isu kesehatan mental serta cara menanganinya.

Beberapa isu kesehatan mental yang diangkat dalam The Sun Shines Over Us antara lain PTSD, ADHD, eating disorder, broken home, dan lain sebagainya.

The Sun Shines Over Us sendiri berlatar di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Jakarta. Hal ini jelas menunjukan bahwa Eternal Dream Studios dan Niji Games ingin membangun kesadaran kesehatan mental generasi muda.

The Sun Shines Over Usakan fokus mengisahkan kehidupan remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sudut pandang siswi bernama Mentari.

Mentari digambarkan sebagai seorang siswi pindahan yang tengah menjalani proses pemulihan dari kasus perundungan yang dialami di sekolah lamanya. Bersama Mentari, pemain akan diajak berkenalan dan membangun hubungan dengan teman di sekolah barunya.

Masing-masing dari teman Mentari memiliki karakter dan masalah pribadi yang berbeda-beda, mulai dari gangguan hiperaktif, eating disorder, hingga tekanan mental yang disebabkan oleh keluarga yang tidak harmonis.

Game Menggapai Mentari sendiri merupakan finalis SEA Games Award 2021. Game ini secara umum menggambarkan masalah kesehatan mental pada masa remaja dan proses pemulihan korban bully di sekolah.

Karena disajikan dalam konsep novel visual, pemain The Sun Shines Over Us dapat memilih arah berjalannya alur cerita melalui setiap keputusan yang diambil oleh Mentari.

Keputusan tersebut juga dapat memengaruhi interaksi Mentari dengan karakter lain, sekaligus menentukan keberhasilan pada proses pemulihan yang sedang dijalaninya.

Melalui The Sun Shines Over Us, Eternal Dream Studio nampaknya ingin menambah wawasan kepada masyarakat tentang betapa serius dan bahayanya masalah mental.

Menggapai Matahari tersedia secara gratis di Google Play Store. Pengguna dapat memainkan game tersebut melalui smartphone Android dan tablet Android. Spesifikasi HP dan tablet untuk menjalankan game ini tidaklah tinggi, jadi memungkinkan banyak masyarakat untuk mengunduh game ini.

Untuk mendukung developer Indonesia terus berkarya dan mendukung gerakan peduli kesehatan mental, tak ada salahnya kita memainkan game Menggapai Matahari dan merekomendasikannya kepada teman, sahabat, keluarga, dll.

Tag : teknologi, game, niji, android

Berita Terkait