Cara Menghapus Ratusan Email di Gmail Tanpa Ribet

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 16-10-2021

Saat ini hampir semua orang yang memiliki koneksi internet memiliki Email. Tak hanya digunakan sebagai pengirim surat, Email juga sering digunakan sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan tertentu.

Namun tidak semua email yang masuk itu penting, seperti email dari sosial media yang hanya berisi notifikasi , atau juga email yang hanya berupa promosi. Jika email-email sejenis itu dibiarkan maka hanya akan memenuhi kapasitas penyimpanan email , oleh karena itu kita harus menghapusnya secara berkala.

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau menghapus pesan masuk yang sudah penuh di kolom email. Sejumlah pengguna surat elektronik masih banyak yang belum mengetahui cara hapus email sekaligus jika pesan di inbox telah penuh.

Apabila Anda mendapati inbox di email lebih dari 20.000 surat, maka disarankan untuk segera menghapus sebagian pesan yang dianggap tidak penting.

Terutama jika Anda pengguna Google mail dilaporkan membatasi kapasitas pesan masuk pada akun emailnya, kurang lebih 15GB. Kapasitas itu meliputi foto, pesan dan dokumen di Google Drive.

Berikut ini adalah langkah menghapus email di Gmail dengan cepat meskipun jumlahnya sudah mencapai ratusan atau ribuan.

1. Buka layanan Gmail versi web atau PC dari browser di komputer atau laptop.

2. Ketiklah kalimat "is:read" di kolom pencarian yang ada di halaman paling atas Gmail. Kemudian tekan enter.

3. Klik kotak yang ada di atas deretan email untuk memberikan tanda centang sekaligus pada semua email yang muncul dan telah terbaca.

4. Akan muncul notifikasi bahwa email (conversation) yang dipilih pada halaman hanya sekitar 50 atau 100 email saja.

5. Klik teks berwarna biru yang muncul di notifikasi tadi, yaitu “Select all conversations that match this search”.

6. Sekarang semua email yang sudah dibaca dengan jumlah ratusan hingga ribuan sudah siap dihapus. Anda cukup klik ikon “tempat sampah” atau trash yang ada di bagian atas.

7. Gmail akan memberikan notifikasi bahwa Anda akan menghapus email dalam jumlah sangat besar (bulk), klik "OK" untuk melanjutkannya dan selesai.

Perlu diingat, bahwa email yang sudah dibaca dan disimpan ke dalam folder khusus yang dibuat di Gmail tidak akan ikut terhapus kecuali langkah ini dilakukan di dalam folder tadi. Jadi, Anda mungkin ingin memilih dulu email yang sudah dibaca tapi masih ingin disimpan.

Tag : teknologi, tips, gmail

Berita Terkait