Cara Menggunakan Voice Effects di Instagram Reels

Instagram kembali menghadirkan dua fitur baru untuk Reels. Keduanya merupakan Voice Effect (efek suara) dan fitur bernama Text-to-Speech yang serupa dengan subtitle dalam film.

Wanovy | Teknologi | 13-11-2021

Instagram kembali menghadirkan dua fitur baru untuk Reels. Keduanya merupakan Voice Effect (efek suara) dan fitur bernama Text-to-Speech yang serupa dengan subtitle dalam film.

Sesuai namanya, fitur Text to Speech memungkinkan kreator Instagram Reels dapat menyertakan subtitle yang tampil secara otomatis dalam aplikasi. Fitur ini mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar.

Text-to-speech bekerja dengan cara mendeteksi suara dalam video, lalu mengubahnya menjadi format teks berupa gelembung yang ditampilkan pada layar, seperti dilansir dari Techcrunch, Jumat (12/11/2021).

Sementara fitur lainnya, efek suara (Voice Effects) memungkinkan pengguna Reels untuk mengubah suaranya. Fitur ini bekerja dengan cara menambahkan efek pada suara pengguna. Efek suara di Instagram Reels dapat membuat video Reels menjadi unik dan lucu.

Misalnya, ketika audio sudah direkam, pengguna dapat memilih beragam efek suara bisa bernada seperti robot ataupun audio dengan nada tinggi. Untuk saat ini terdapat beragam efek yang ditawarkan, yakni Helium”, “Giant”, “Vocalist”, “Announcer”, dan “Robot”.

Tentunya efek suara tersebut akan menghasilkan suara berbeda dengan audio aslinya. Menariknya, fitur baru tersebut sudah bisa langsung dinikmati pengguna. Keduanya bisa dijumpai pada sekumpulan alat di Reels. Namun, pastikan telah memperbarui aplikasi Instagram Anda.

Untuk saat ini, fitur fitur Text to Speech saat ini masih belum tersedia. Namun, Voice Effects sudah bisa digunakan. Berikut panduan menggunakannya:

1. Pastikan aplikasi Instagram Anda sudah di-update ke versi terbaru.

2. Buka aplikasi Instagram melalui perangkat Anda (Android/iOS).

3. Di halaman utama, klik ikon berbentuk movie clip di bagian tengah bawah untuk membuat video Reels.

4. Kemudian, di halaman berikutnya, klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih “Opsi”, apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

5. Anda bisa memasukkan video lebih dari satu dengan cara menekan tombol "Add" yang berada di pojok kanan atas.

6. Setelah video dipilih, Anda bisa memotong klip video sesuai durasi yang diinginkan. Selanjutnya, klik tombol "Preview" yang ada di pojok kanan bawah.

7. Di halaman berikutnya, klik tombol "Adjust Video" yang ada di pojok kiri bawah. Nantinya, akan muncul tiga opsi pengaturan audio yaitu "Camera Audio", "Voice Over", dan "Add Music".

8. Klik ikon tiga titik pada opsi "Voice Over", lalu pilih "Add Effects". Di sana, Anda bisa memilih efek suara apa yang Anda inginkan. Ada lima pilihan efek suara yang bisa dipilih yaitu "Helium", "Giant", "Vocalist", "Announcer", dan "Robot". Masing-masing akan memberi efek berbeda pada suara Anda.

9. Jika sudah menentukkan efek suara, klik tombol "Done" pada menu yang tersedia.  Anda juga dapat mengatur volume lagu ataupun suara yang berasal dari video asli.

10. Jika semua tahapan selesai, Anda cukup meng-klik tombol "Next" yang berada di pojok kanan bawah, untuk mengunggah video tersebut sebagai konten Reels. Nantinya, video Anda akan muncul secara otomatis di tab Instagram Reels.

Tag : instagram, reels, voice effect, text to speech, fitur

Berita Terkait