Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 11

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 08-11-2021

Sistem operasi dari Microsoft yakni Windows 11 hadir dengan sejumlah perubahan dan peningkatan yang lebih baik di banding versi sebelumnya.

Seperti diketahui OS Windows 11 ini hadir dengan user interface atau tampilan antarmuka yang dominan dengan warna biru langit yang cerah.

Faktanya, mode gelap (dark mode) lebih nyaman dilihat, terutama di ruangan yang remang-remang atau di malam hari. Dalam beberapa kasus, bahkan dapat mengurangi banyak daya yang digunakan layar perangkat.

Berikut ini adalah panduan cara mengaktifkan dark mode Windows 11 untuk mendapatkan UI tema gelap di seluruh Windows Agan. Perlu diperhatikan juga bahwa aplikasi seperti Chrome yang disetel untuk mengikuti tema sistem, juga akan mengaktifkan tema gelap di dalamnya saat Anda mengaktifkan mode gelap di Windows 11.

1. Pada layar Desktop Anda, klik tombol “Start” atau tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka Start Menu.

2. Di Start Menu, klik “Settings”.

3. Pada layar Settings (pengaturan) utama, klik “Personalization”.

4. Selanjutnya klik “Themes” di menu sebelah kiri.

5. Dalam pengaturan Tema, gulir ke bawah ke bagian berjudul "Change Theme". Lalu pilih atau klik “Windows (dark)”.

6. Setelah mengaktifkan dark mode, sistem akan langsung beralih ke UI gelap. Juga di bagian atas, Anda akan melihat "Current theme: Windows (dark)". Ini menunjukkan bahwa mode gelap sekarang sudah diaktifkan.

Ketika membuka aplikasi, misalnya, pengguna juga bisa menerapkan light mode supaya mudah dioperasikan, sedangkan untuk tampilan desktop Windows 11, seperti taskbar, pengguna bisa menerapkan dark mode agar lebih nyaman dilihat.

Selain itu, pengguna juga bisa memadukan warna hitam pada dark mode di Windows 11 ini dengan warna lainnya. Caranya dengan menggulirkan layar ke bawah di laman "Colors" tadi. Kemudian pilih palet warna yang Anda inginkan. Pilihannya mencakup biru, merah, kuning, hijau, oranye, dan masih banyak lagi.

Palet warna yang dipilih akan menjadi aksen warna hitam dari berbagai elemen visual Windows 11, seperti warna latar belakang pada menu klik kanan, warna indikator garis taskbar pada aplikasi yang sedang dibuka, dan lain sebagainya. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Tag : windows11, microsoft, dark mode, tips

Berita Terkait