Bitcoin Sentuh USD 62.000, Tertinggi Dalam Sejarah

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 19-10-2021

Pada Jumat (15/10/2021) malam, harga Bitcoin tembus US$ 60.000. Hal ini menjadikan harga bitcoin berada pada level tertinggi sepanjang masa, karena para pedagang berspekulasi bahwa regulator AS akan menghapus dana yang diperdagangan di bursa berjangka bitcoin pertama.

Kemudian harga mata uang kripto Bitcoin sampai kemarin Senin (18/10/2021) masih mengikuti tren naik. Lalu, bagaimana prospek harga Bitcoin untuk periode mendatang? Apakah kenaikan harga Bitcoin hari ini masih akan berlanjut?

Seperti diketahui, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) telah mengizinkan dana yang diperdagangkan di bursa berjangka bitcoin pertama untuk memulai perdagangan minggu depan.

Mengutip Coinmarketcap.com pada Senin (18/10) pukul 08.40 WIB, harga Bitcoin hari ini mencapai US$ 62.317,29. Harga Bitcoin hari ini tersebut naik 1,8% dalam 24 jam terakhir

Selain Bitcoin, harga mata uang kripto lain juga dalam tren naik. Di kelompok 10 mata uang kripto dengan nilai pasar terbesar, kenaikan harga terjadi pada Ethereum, Binance Coin, Solana, Polkadot dan Dogecoin.

Harga Ethereum mencapai US$ 3.882,04, naik 0,73%. Harga Binance Coin naik 1,66% menjadi US$ 472,76. Harga Dogecoin naik 1,01% menjadi US$ 0,2397.

Faktor pendorong masih positifnya bitcoin ini adalah karena investor menanti kabar dari persetujuan exchange traded fund (ETF) dalam bentuk bitcoin pada pekan ini.

Pada pekan ini, regulator Amerika Serikat (AS) berencana mengizinkan pembentukan aset digital berupa kontrak berjangka untuk ETF atau jenis reksadana yang dapat diperdagangkan di bursa yang menggunakan underlying bitcoin.

Dikutip dari Bloomberg, regulator dalam hal ini Securities Exchange Commission (SEC), OJK-nya AS, bakal memperbolehkan ETF Bitcoin itu untuk diperdagangkan pekan ini.

Adanya aturan di negeri Joe Biden ini semakin membuka jalan bagi investor maupun trader menjadi lebih tenang dalam memegang aset digital berkapitalisasi pasar lebih dari US$ 1 triliun ini.

Sejumlah fund manager global seperti VanEck Bitcoin Trust, ProShares, Invesco, Valkyrie dan Galaxy Digital Funds, telah mengajukan permohonan izin untuk meluncurkan ETF berbasis Bitcoin di AS.

Berdasarkan laporan Reuters, Nasdaq pada Jumat (15/10/2021) pekan lalu telah menyetujui daftar ETF Bitcoin Valkyrie.

Hal itu jelas menjadi kemenangan penting bagi industri cryptocurrency yang telah lama meminta izin dari regulator utama Wall Street. Hal ini diungkapkan oleh seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Secara khusus, orang tersebut mengatakan SEC tidak mungkin memblokir ETF yang diusulkan oleh ProShares dan Invesco, yang didasarkan pada kontrak berjangka dan diajukan di bawah pedoman reksa dana yang menurut Ketua SEC, Gary Gensler telah menawarkan perlindungan yang signifikan kepada investor.

ETF Strategi Bitcoin ProShares dijadwalkan untuk debut di Bursa Efek New York pada hari ini dan para ahli percaya SEC tidak mungkin menolak produk tersebut.

Tag : teknologi, kripto, money, bitcoin

Berita Terkait