WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Tombol Reaksi Pesan Mirip Facebook

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 23-11-2021

Aplikasi WhatsApp atau juga disingkat WA memang telah menjadi aplikasi percakapan dan berkirim pesan popular. Bisa dibilang aplikasi WA memang sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

Dalam waktu dekat, aplikasi kepunyaan Facebook ini  dikabarkan segera menambahkan fitur reaksi pesan dengan emoji.

Kehadiran fitur baru tersebut kembali diungkap laman WABetaInfo. Diperlihatkan screenshot dari pengguna versi beta yang telah mendapatkan fitur reaksi pesan.

Sejatinya reaksi pesan bukanlah hal baru dan telah menjadi bagian dari banyak platform perpesanan, mulai dari iMessage hingga Direct Message (DM) di Instagram.

Fitur Reactions ini mirip seperti yang ada di Facebook. Ada beberapa reaksi yang bisa dipilih untuk menanggapi pesan yang dikirim di WhatsApp, yakni berupa jempol, hati, emoji tertawa, terkejut, menangis, serta emoji dua tangan menyatu.

Namun, tidak diketahui apakah pilihan emoji pada WhatsApp akan berbeda dari Facebook dan Instagram atau dibuat serupa.

Bocoran soal kehadiran fitur Reactions alias memberi reaksi pada pesan WhatsApp sendiri sudah muncul pada Agustus lalu, sebagaimana dilaporkan oleh WABetaInfo yang dikenal sering membocorkan calon fitur baru WhatsApp sebelum resmi hadir.

Bersamaan uji coba fitur reaksi tersebut, WhatsApp dilaporkan juga menyiapkan fitur Reaction Notifications. Fitur ini berguna untuk memberi notifikasi saat pesan yang dikirim mendapat reaksi dari pengguna lain.

Pengaturan notifikasi reaksi ini awalnya hanya terlihat di WhatsApp beta untuk iOS. Namun, kabar terbaru, WhatsApp juga diketahui tengah menyiapkan fitur yang sama untuk perangkat Android.

Walau begitu kehadiran fitur ini patut ditunggu. Sebab pengguna bisa menyematkan reaksi pada kiriman pesan dengan emoji jadi lebih mudah dan cepat.

Saat ini cara mereaksi sama seperti membalas pesan. Kita harus menekan replay, lalu memilih emoji dan mengirimkannya. WhatsaApp menampilkannya seperti layaknya balasan pesan.

Kendati demikian, belum ada informasi kapan fitur reaksi dengan emoji ini bakal hadir. Saat ini sedang dalam pengembangan dan akan tersedia dalam pembaruan di masa mendatang. Kita tunggu saja.

Tag : whatsapp, fitur baru, reaksi

Berita Terkait