Twitter Bisa Hapus Followers Tanpa Blokir, Begini Caranya

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 13-10-2021

Twitter belum lama ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa menghapus followers atau pengikut diam-diam tanpa harus memblokirnya. Fitur ini tersedia di Twitter versi browser PC.

Dalam pengumuman pengujiannya, Twitter mengatakan jika pengguna dapat menghapus followersnya dari daftar di halaman profil mereka.

Seperti dikutip dari The Verge, Selasa (12/10/2021), fitur tersebut dinamai 'Soft Block'. Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa dibilang memblokir secara halus. Pasalnya, pengguna bisa menghapus akun tertentu dari daftar pengikutnya tanpa memberikan notifikasi ke akun tersebut.

Cara untuk melakukan Soft Block sendiri sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka “Profil” orang yang ingin dihapus dari follower, lalu pilih opsi “Remove This Follower” dalam opsi tiga titik di sebelah kanan profil akun.

Perlu dicatat, fitur ini berbeda dengan Unfollow (berhenti mengikuti) dan juga berbeda dengan blokir akun. Unfollow akan menghentikan Anda mengikuti akun tertentu, sementara blokir, akan mencegah interaksi apapun di antara kedua akun.

Nah, dengan Remove Followers, pengguna hanya akan menghapus akun tertentu dari daftar pengikut mereka. Akun yang dihapus dari daftar followers ini tidak akan diberitahu Twitter atas perubahan tersebut

Namun, akun yang di-remove masih akan melihat status "mengikuti" meskipun akun tersebut tidak akan bisa melihat atau membaca twit Anda di timeline mereka.  Kendati begitu, akun yang di-remove akan tetap dapat mengirimkan Direct Message (DM) kepada Anda.

Fitur ini mirip dengan Instagram, di mana pengguna bisa menghapus pertemanan mereka dari daftar followers tanpa diketahui mereka. Dan mereka yang sudah dihapus ingin mengikuti kembali mereka harus meminta persetujuan kamu untuk menjadi followers lagi.

Sebagaimana dihimpun dari CNET, Rabu (13/10/2021), fitur baru ini merupakan upaya Twitter untuk memberi lebih banyak kontrol kepada pengguna atas akun mereka.

Untuk sementara, fitur Remove Followers baru tersedia bagi pengguna Twitter versi desktop alias lewat browser komputer atau laptop.

Tag : teknologi, twitter, softblock

Berita Terkait