Tips Menghemat Kuota Internet Saat Google Meet

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 10-11-2021

Pembatasan aktivitas akibat pandemi COVID-19 masih berlangsung termasuk juga di Indonesia. Kegiatan seperti sekolah dan kerja pun masih dilakukan secara daring/online.

Sejak tahun lalu, beragam platform meeting online digunakan untuk tetap bisa beraktivitas selama pandemi. Salah satunya ialah Google Meet.

Google Meet merupakan salah satu aplikasi video conferencing populer yang banyak digunakan selama pandemi COVID-19, termasuk dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh alias PJJ.

Meski bermanfaat, namun penggunaan Google Meet yang terlalu lama dapat menguras kuota data internet dengan jumlah yang cukup besar.

Menurut Google, pengguna Google Meet setidaknya dapat menghabiskan kuota data sebanyak 2,6 GB per jam dalam pengaturan kualitas video HD (720p). Sementara, penggunaan Google Meet pada kualitas SD (480p) dapat memakan kuota internet sebanyak 0,9 GB setiap jamnya.

Berikut ini adalah tips menghemat kuota Google Meet yang dapat Anda terapkan.

1. Kurangi konsumsi data Google Meet di menu pengaturan

Tips ini bisa Anda terapkan di perangkat ponsel seperti Android maupun iPhone untuk mengatasi Google Meet boros kuota. Berikut adalah panduan lengkapnya:

-Buka aplikasi Google Meet dan bergabunglah ke dalam rapat atau pertemuan

-Ketuk menu garis tiga di pojok atas pada layar

-Pilih opsi “Pengaturan (Settings”  dan aktifkan “Batasi penggunaan data (Limit data usage)”.

2. Tidak menggunakan kamera, gunakan audio saja

Tips selanjutnya, jika Anda tidak perlu mengaktifkan kamera video, Anda dapat mematikan kamera (off video camera). Video adalah penyebab utama penggunaan data Google Meet menjadi tinggi.

Dengan menonaktifkan kamera video, dapat secara signifikan mengurangi kebutuhan bandwidth dan data yang digunakan oleh Google Meet, baik di perangkat PC ataupun HP Android dan iPhone.

-Caranya sangat mudah, ketuk ikon Video yang ada di layar sebelah bawah. Jika ikon tersebut dicoret berarti kamera berhasil dimatikan.

-Anda juga dapat menonaktifkan video di layar sebelum bergabung di Google Meet.

-Di samping itu, Anda juga masih bisa menggunakan fitur 'Chat', 'Q & A', dan sebagainya.

3. Kurangi resolusi kamera video Google Meet

Cara menghemat kuota Google Meet selanjutnya dengan mengurangi resolusi kamera video Google Meet jika Anda menggunakan PC atau laptop. Berikut adalah caranya:

-Masuk ke dalam rapat di Google Meet

-Ketuk tombol tiga titik di bagian bawah

-Selanjutnya, klik “Pengaturan” kemudian pilih opsi “Video” yang ada di sisi kiri layar

-Secara default, sistem Google Meet mengatur resolusi kamera di settingan Auto. Di sini, Anda bisa mengubah "Send Resolution" dari Auto ke Standard Definition (360p)

-Demikian juga dengan "Receive Resolution", ubah dari Auto ke Standard Definition (360p). Opsi Standard Definition ini dapat penghematan data sebanyak mungkin.

-Untuk diketahui, setelan ini akan tetap digunakan di panggilan Google Meet berikutnya sampai Anda mengubahnya kembali.

Itu dia beberapa tips menghemat kuota internet saat menggunakan Google Meet.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tag : google meet, tips, hemat, kuota, meeting, video conference

Berita Terkait