Tips Beli Laptop Bekas yang Bagus dan Aman

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 24-11-2021

Saat ini Laptop telah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang dengan aktivitas yang cukup padat, baik mereka yang masih menempuh pendidikan maupun bekerja. Laptop juga menjadi pilihan utama karena lebih praktis penggunaannya daripada komputer PC.

Namun, saat laptop mengalami kerusakan tentu saja akan menghambat produktivitas. Sementara untuk membeli laptop baru, tidak semua orang memiliki dana yang cukup.

Untuk itu penting bagi Anda untuku mengetahui tips beli laptop bekas yang baik dan aman. Pasalnya laptop adalah komponen elektronik yang bisa menurun performanya.

Meski begitu banyak laptop bekas yang kondisinya masih sangat baik. Jadi untuk menunjang aktivitas, sejatinya memilih laptop bekas masih sangat bisa dipertimbangkan.

Tapi memilih laptop bekas wajib teliti. Lantaran kondisi bekas, mungkin ada minusnya. Paling gampang tentu memastikan bagian eksteriornya apakah ada bekas benturan atau goresan.

Sementara untuk mengecek performa, tips beli laptop bekas adalah dengan menjajalnya menjalankan beberapa aplikasi. Berikut ini beberapa tips membeli laptop bekas yang aman dan berkualitas yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Beli di tempat yang terpercaya

Pastinya Anda sering menemukan iklan laptop bekas dari internet maka pastikan situs atau platform online­ bukan? Tapi, jangan gampang tergiur dengan harga murah atau foto produk yang kemungkinan mencuri foto dari internet atau penjual yang lain.

Anda juga diharapkan melakukan transaksi tatap muka jadi bisa dilakukan pengecekan laptop bekas yang akan dibeli, tidak cuma dari foto dan video.

Manfaatkan internet untuk mencari spesifikasi yang Anda inginkan dan cocokan dengan yang akan dibeli, perbedaan serial number ikut menandakan perbedaan atau varian spesifikasi.

Tidak sedikit toko online yang memiliki toko offline yang bisa dikunjungi langsung oleh para calon pembelinya. Bisa juga dengan memilih opsi metode pembayaran COD (Cash on Delivery) sehingga membayar bisa dilakukan secara tunai setelah melihat barang dikirim ke alamat pembeli.

2. Cari laptop dengan masa pakai di bawah 1 tahun

Makin lama masa pakai, makin murah pula harga laptop tersebut. Namun, laptop yang masa pakainya sudah terlalu lama berpotensi pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu.

Selain itu, masa pakai di bawah 1 tahun biasanya masih dilindungi oleh garansi. Hal ini membuat laptop tersebut masih cukup terjamin dalam hal kualitas.

3. Cek jaminan atau garansi yang diberikan penjual

Saat membeli laptop bekas Anda juga harus menanyakan jaminan atau garansi dari barang tersebut, apakah masih berlaku atau tidak.

Apabila garansi dari merek laptop sudah kadaluarsa setidaknya Anda bisa menagih jaminan bahwa laptop berfungsi dengan normal hingga periode pemakaian tertentu, misalnya seminggu atau sebulan.

4. Periksa Bagian Fisik

Tampilan fisik dari laptop adalah salah satu point penting yang bisa jadi acuan kita dalam menentukan laptop bekas mana yang akan kita beli. Kenapa begitu ? Karena hal yang paling terlihat jelas saat membeli laptop bekas adalah ada pada bagian fisiknya, kondisi fisik yang masih bagus menandakan pemilik sebelumnya dapat merawat laptop tersebut dengan baik.

5. Cek kondisi layar

Pengecekan layar laptop sangat penting karena ada kekurangan atau kerusakan sedikit akan sangat mengganggu dan biaya perbaikannya cukup mahal.

Anda harus mengecek bahwa layar tidak hanya menyala tapi juga tidak ada flickering, warna yang terlihat memudar, hingga kecerahan yang tidak normal. Cara pengecekannya bisa dilakukan dengan memutar sejumlah video.

6. Cek keyboard dan trackpad

Dua bagian ini juga tidak kalah pentingnya dengan layar laptop. Anda harus mengecek kondisi keyboard masih baik alias bekerja atau responsif untuk setiap tombol dan fungsi, demikian juga dengan trackpad.

7. Periksalah Hardware serta Software pada laptop

Dengan membeli secara langsung, calon pembeli akan mudah untuk melihat kondisi laptop. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda ingin membeli laptop. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:

- Pastikan sistem operasi pada laptop aktif dan asli

- Lihat apakah terdapat kerusakan yang nampak pada laptop Cek port dan drive optik

- Jalankan webcam untuk memastikan kualitasnya

- Lihat kualitas speaker dengan memutar audio Lihat LCD pada laptop dan pastikan tidak ada pixel dead (kerusakan pada LCD)

- Pastikan laptop dapat terhubung dengan Wi-Fi atau jaringan internet lainnya

- Pastikan hardisk pada laptop memiliki kapasitas sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan

- Cek jenis dan ukuran RAM Pastikan

8. Pastikan Baterai dan Charger Dalam Kondisi Baik

Salah satu keluhan yang sering menjadi masalah saat membeli laptop bekas adalah pada kinerja baterainya. Biasanya penggunaan laptop yang tidak baik, dapat menimbulkan efek samping pada baterai yaitu menurunnya kemampuan menyimpan daya dari baterai itu sendiri.

Cukup susah memang memastikan apakah baterai laptop masih dalam keadaan baik atau tidak. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan melihat indikator baterai terlebih dahulu pada level berapa.

Kemudian coba kita gunakan laptop untuk membuka banyak aplikasi yang cukup berat sekitar 5 – 10 menit dan lihat apakah baterai mengalami penurunan yang normal atau justru mengalami penurunan yang extereme.

Kalau baterai mengalami penurunan yang extreme perhitungkan lagi untuk membelinya. Charger juga harus dalam kondisi baik, pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau charger sering hidup mati saat digunakan.

9. Survei harga pasar

Sebelum membeli laptop bekas, sebaiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Pastikan juga Anda sudah menentukan merek dan seri laptop yang Anda incar, sehingga tinggal mencari tahu harga pasarannya saja.

Harga memang tergantung dari kondisi barang itu sendiri, tapi paling tidak, Anda memiliki harga patokan yang akan bermanfaat saat Anda ingin bernegosiasi dengan penjual.

Anda bisa mengecek harga-harga pasaran dari laptop dari situs-situs online yang turut menjual laptop seperti Bukalapak.com atau forum-forum gadget tertentu. Dengan mengetahui kisaran harga dari laptop yang diincar, Anda pun dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Sebagai panduan, harga laptop bekas yang berkualitas biasanya turun 20-40% dari harga barunya. Namun hal tersebut tentunya tergantung dari kondisi serta berapa lamanya pemakaian.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin membeli laptop bekas yang aman dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Tag : tips, laptop, second

Berita Terkait