Susul AS, China Siap Luncurkan 6G
Negara itu mengatakan sebagai pemimpin dunia dalam jaringan penerus 5G, yaitu 6G

By ultimatemyspace 11 Jun 2021, 19:13:41 WIB Teknologi
Susul AS, China Siap Luncurkan 6G

Keterangan Gambar : 6g


Baru-baru ini China melakukan klaim mengejutkan. Negara itu mengatakan sebagai pemimpin dunia dalam jaringan penerus 5G, yaitu 6G.
Berdasarkan Telecoms diketahui pengumuman ini dilakukan oleh China National Intellectual Property Administration (CNIPA). Pernyataan ini cukup mengejutkan, pasalnya jaringan 5G saja baru mulai masuk secara komersial, terutama di Indonesia.
China membuat delapan skenario aplikasi bisnis teknologi 6G, antara lain XR Cloud, komunikasi holografik, interkoneksi sensorik, komunikasi interaktif cerdas, digital twins, dan cakupan global.
China menargetkan pengembangan teknologi generasi keenam ini akan meluncur secara komersial pada 2030. Hal itu diketahui dari buku putih berisi panduan 6G yang dirilis oleh organisasi dari Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi Tiongkok (CAICT) bernama IMT 2030 6G.
"Tiongkok akan meluncurkan teknologi 6G secara komersial pada 2030," dikutip dari Gizmochina mengacu pada buku putih pengembang 6G pada Senin (7/6).
Pakar industri bermarga Ma mengatakan bahwa buku putih ini adalah ringkasan dari penelitian dan pengembangan 6G China saat ini. Di dalamnya terdapat pula kekurangan jaringan 5G yang ingin diperbaiki Negeri ini di era 6G.
"Buku putih akan memperbaiki yang belum dapat beroperasi penuh selama era 5G karena kurangnya pengembangan teknologi," ujar Ma.
Salah satu yang menjadi pembahasan adalah pengembangan 6G akan membantu menghadirkan pengalaman yang lebih realistis dan optimal untuk beberapa skenario aplikasi bisnis.
Jumlah paten asal China itu jauh dari peringkat kedua yaitu Amerika Serikat. Dari total seluruh paten, 18% nya berasal dari negara Paman Sam itu.
Disamping itu, pengembangan 6G juga dilakukan di Uni Eropa. Wilayah tersebut melakukannya secara bersama agar tidak hanya satu negara saja yang mendapat keuntungan besar nantinya.
Negeri Tirai Bambu ini juga telah meluncurkan satelit eksperimen 6G pertama di dunia tahun lalu, di Taiyuan Satellite Launch Centre, Provinsi Shanxi. Ini bertujuan untuk membuat ultra-fast network dibanding 5G, yang rencananya akan digunakan 2030 mendatang.
Layanan 6G ini akan membawa 100 kali kecepatan daripada yang dihadirkan 5G. Kemampuan unduh mencapai satu terabyte per sekon (Tbps) atau sekitar 142 jam film per detik.
Gelombang sinyal 6G ini menempati pita spektrum 300 GHz hingga 3 terahertz. Frekuensi itu lebih tinggi daripada 5G yang berada diantara 30-300GHz. Hebatnya lagi, 6G dapat mencakup bawah air hingga luar angkasa.
Dengan segala kemampuan ini, negara yang mengadopsi 5G atau 6G bisa menghadirkan berbagai teknologi baru seperti hologram, augmented reality (AR), atau virtual reality (VR).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment