Siap-siap! Kamera iPhone Berikutnya Bakal Dibuat Seperti OPPO dan Samsung

By Wanovy Hutapea 18 Jul 2021, 18:14:50 WIB Teknologi
Siap-siap! Kamera iPhone Berikutnya Bakal Dibuat Seperti OPPO dan Samsung

Keterangan Gambar : Contoh Smartphone Dengan Kamera Periskop


Kini sejumlah smartphone flagship Android, seperti  Huawei P40 Pro Plus, OPPO Find X3 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra, memiliki kamera telefoto mempuni yang mekanisme kerjanya mirip dengan kamera “periskop” di kapal selam.

Untuk memotret objek jarak jauh, kamera periskop di ponsel tersebut akan mengandalkan kaca prisma yang mampu memantulkan cahaya berkali-kali lipat, sehingga bisa menimbulkan efek magnifikan pada foto.

Ponsel buatan Apple, iPhone pun tidak mau kalah, perangkat tersebut disinyalir juga akan dibekali kamera periskop dengan mekanisme serupa. Hal tersebut mencuat berdasarkan sebuah paten yang dikuak oleh leaker PatentlyApple.

Baca Lainnya :

Bahkan paten yang diberi judul “Folded Camera” itu baru-baru ini telah disetujui oleh kantor paten AS (USPTO), sehingga Apple diizinkan untuk menggunakannya di produk mereka di masa depan.

Kamera periskop memiliki lensa yang memanjang secara horizontal, yang artinya tidak akan memakan ruang ponsel, juga dilengkapi dengan kaca untuk merefleksikan gambar dari lensa, layaknya sebuah periskop di kapal selam.

Dengan begitu, fungsi lensa yang telah digabungkan akan menghasilkan transisi yang mulus dari 1X hingga 10X Zoom dengan gambar yang tajam dan didikung dengan fitur dual Optic Image Stabilization (OIS).

Meski begitu, belum bisa dipastikan kapan kamera periskop itu akan disematkan di iPhone.

Menurut rumor yang beredar, teknologi kamera kekinian ini mungkin akan diwujudkan dalam seri iPhone yang akan dirilis pada 2022 atau 2023 mendatang.

Hal tersebut pun juga belum bisa dipastikan kebenarannya. Sebab, Apple sendiri konon kesulitan menyematkan teknologi kamera periskop ke ponsel besutannya karena sudah banyak vendor smartphone yang telah mematenkannya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment