Sempat Ditutup, Kini Twitter Kembali Buka Permintaan Centang Biru

By Wanovy Hutapea 15 Sep 2021, 12:38:40 WIB Teknologi
Sempat Ditutup, Kini Twitter Kembali Buka Permintaan Centang Biru

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Twitter akhirnya kembali membuka permintaan akun verifikasi atau centang biru ke publik. Perusahaan mengklaim, program itu kini membawa peningkatan dan proses peninjauan yang mudah.

"Kami kembali meluncurkan akses untuk meminta lencana biru. Jika Anda berencana untuk mendaftar dan belum memiliki akses, terus periksa pengaturan akun Anda. Terima kasih untuk tetap bersama kami," ungkap Twitter lewat akun resminya dengan handle @verified.

Membalas posting soal penutupan verifikasi akun pada 13 Agustus lalu, Twitter mengatakan bahwa proses pengajuan verifikasi ini akan dimulai secara bertahap. Artinya, untuk saat ini, belum semua pengguna  bisa mengajukan proses verifikasi akun.

Baca Lainnya :

"Jika Anda berencana untuk mengajukan proses verifikasi akun dan belum memiliki akses untuk mengirimkannya, Anda bisa terus memantau menu pengaturan pada akun Anda," kicau Twitter.

Dikutip dari 9to5Mac, sebelumnya Twitter telah menangguhkan program verifikasi akunnya pada November 2017, setelah pengguna mengeluh bahwa prosesnya terasa sewenang-wenang dan membingungkan. Keputusan perusahaan untuk memverifikasi akun supremasi kulit putih menimbulkan kecaman luas.

Setelah jeda tiga tahun, raksasa media sosial itu muncul dengan kebijakan verifikasi yang diubah November lalu. Ini mengkategorikan akun menjadi enam jenis berbeda dan menyatakan semua akun dapat mengajukan permohonan lencana terverifikasi jika memenuhi kriteria tertentu.

Kemudian program itu kembali dibuka pada Mei 2021, tapi hanya berjalan beberapa bulan sebelum kembali ditutup pada Agustus lalu.

Tidak disebutkan apa alasan Twitter kembali membuka proses pengajuan verified account ini, setelah menutupnya selama satu bulan. Belum bisa dipastikan pula kapan seluruh pengguna Twitter bisa kembali mengajukan proses verifikasi akun.

Butuh waktu hampir tiga tahun bagi Twitter untuk membuka kembali program verifikasi, kali ini dengan proses yang lebih transparan, dengan kriteria yang dinyatakan secara publik.

Sekarang, Twitter akan menggunakan proses peninjauan otomatis dan manusia untuk memverifikasi identitas pengguna. Ini akan memperbarui tentang status pengajuan di alamat email terdaftar. Perlu diingat, prosesnya mungkin perlu waktu beberapa minggu.

Twitter mengatakan jika ingin mengajukan verifikasi akun, pengguna harus terkenal, otentik, dan aktif. Sesuai juga dengan salah satu dari enam kategori berbeda, meliputi pemerintah, perusahaan, merek, dan organisasi nirlaba. Adapula organisasi berita, hiburan, olahraga, aktivis, organisatoris, dan individu berpengaruh lainnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment