Sekelompok Hacker Mengaku Membobol Sistem Keamanan PS5

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 15-11-2021

Kelompok hacker yang diketahui bernama Fail0verflow mengklaim sudah menemukan cara untuk menjebol keamanan software PlayStation 5 (PS5).

Hal ini diungkap oleh grup hacker tersebut di akun Twitter mereka. Dilansir Eurogamer, Rabu (10/11/2021) tim peretas tersebut telah memperoleh akses kunci root (root key) software PS5.

 “Kami mendapatkan semua root key PS5 (simetris)," tulisnya dalam cuitan yang diunggah pada hari Senin (8/11) lalu.

"Semuanya dapat diperoleh dari perangkat lunak - termasuk kunci root per-konsol, jika Anda melihat cukup keras," lanjutnya.

Dengan mendapatkan akses terhadap root key tersebut, tim Fail0verflow ini dapat memanfaatkan hal itu untuk mendekripsi firmware konsol PS5.

Dalam postingannya itu juga diperlihatkan sebuah foto deretan angka yang diduga adalah root key PS5 yang berhasil didapatkan oleh Fail0verflow.

Jika benar, maka kelompok hacker itu dimungkinkan untuk dapat mengakses dan memanfaatkan root key tersebut untuk memasukkan firmware di PS5.

Firmware sendiri merupakan software yang bisa dipakai untuk mengontrol perangkat keras dan fungsi intinya. Dengan begitu dapat diartikan bahwa seluruh perangkat PS5 nantinya akan bisa dikontrol oleh para hacker tersebut.

Sebagai informasi Fail0verflow sendiri sebelumnya dikenal berhasil membajak software PS3, PS4, serta Nintendo Switch.

Meski telah menemukan kunci penting untuk membobol sistem, Fail0verflow masih memerlukan satu kunci lagi secara terpisah. Kunci tersebut diperlukan untuk memvalidasi software ilegal yang hendak dipasang sehingga seolah-olah terlihat asli oleh sistem, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Arstechnica, Minggu (14/11/2021).

Untuk saat ini, eksploitasi yang dilakukan tim Fail0verflow tidak akan menghasilkan banyak perubahan besar bagi pemilik PS5, sehingga tidak mungkin firmware jailbreak PS5 tiba-tiba tersedia hari ini.

Grup hacker itu juga tidak mempublikasikan detail peretasan masing-masing dan tidak jelas apakah mereka akan melakukannya.

Tag : ps5, hacker, , fail0verflow,, scam, playstation

Berita Terkait