Samsung Galaxy A52s Kebagian Fitur RAM Virtual

Samsung Galaxy A52s Dapat Fitur RAM Virtual

Wanovy | Teknologi | 14-09-2021

Samsung baru-baru ini menggulirkan pembaruan baru untuk smartphone Galaxy A52s 5G. Melalui update dengan versi A528BXXU1AUH9, smartphone terbaru Samsung itu membawa fitur RAM virtual tambahan bernama RAM Plus.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna dapat memperluas kapasitas RAM Galaxy A52s 5G hingga 4 GB. Singkatnya, RAM Plus adalah fitur untuk mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual. Cara kerjanya mirip virtual memory di perangkat komputer.

Seperti dikutip dari Sammobile (12/9/2021), RAM Plus besutan Samsung mempunyai konsep yang sama dengan fitur RAM expansion di beberapa merek ponsel Android lainnya. Sebelumnya, fitur ini sempat populer di kalangan vendor ponsel Android seperti Vivo, Oppo dan Xiaomi.

Fitur ini memberikan ekstra tambahan dengan memakai sebagian kecil dari memori penyimpanan ponsel. Akan tetapi, tak terlihat opsi penambahan RAM pada pengaturannya. Hanya ada penambahan 4 GB saja yang sepertinya sudah diset secara default oleh sistem.

Update OS ini baru digulirkan Samsung untuk India saja dengan besaran file sebesar 250,49 MB. Tidak diketahui apakah Samsung akan memberikan fitur RAM expansion untuk model smartphone terbaru lainnya, termasuk di Indonesia.

Galaxy A52s sendiri hadir dalam kombinasi RAM dan memori penyimpanan, masing-masing 6 GB/128 GB, 8 GB/128 GB, dan 8 GB/256 GB.

Dengan fitur ini, RAM ponsel yang sebelumnya berukuran 6 GB dan 8 GB, kini dapat diperluas hingga mencapai 10 GB dan 12 GB. Selain membawa fitur RAM Plus, pembaruan ini juga bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perangkat serta aspek kamera.

Untuk memeriksa pembaruan, pengguna perlu membuka Settings » Software update dan mengetuk Download and install. Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh dan memasang pembaruan firmware ini secara manual.

Tag : teknologi, samsung, update, ram, expansion, a52s

Berita Terkait