Resep Gulai Ayam Ala Rumahan Dijamin Anti Gagal

Resep Gulai Ayam Ala Rumahan Dijamin Anti Gagal

Sondang | Selera Nusantara | 11-10-2021

PARBOABOA, Siantar - Gulai ayam merupakan menu favorit banyak orang Indonesia. Makanan yang berasal dari Sumatera ini memadukan rempah-rempah, santan, dan daging ayam yang empuk sebagai bahan utamanya. Terlebih lagi, resep gulai ayam punya juga bisa dikreasikan sesuai dengan selera pembuatnya.

Selain dari sumatera, resep gulai juga ada yang berasal dari jawa. Namun, Gulai Sumatra teksturnya cenderung kental sedangkan gulai di Jawa memiliki tekstur yang encer. Resep gulai ayam kini mulai mengalami perkembangan, seiring banyaknya kreasi menu masakan. Apalagi makanan khas nusantara ini kerap menjadi suguhan acara.

Resep yang satu ini biasanya disantap dengan nasi panas dan tambahan sayur hijau. Biarpun ada resep gulai ayam yang bercita rasa pedas, tak jarang banyak orang tetap menambahkan sambal saat menyantapnya. Resep gulai ayam pun sudah terkenal hingga negara tetangga karena bumbu rempah yang membuatnya lezat. Yuk simak kelanjutannya!

Bahan yang dibutuhkan:

- 1 ekor ayam, potong jadi 10 bagian

-300 ml santan kental

- 700 ml santan biasa

- 3 lembar daun jeruk

- 3 lembar daun salam

- 1 lembar daun kunyit

- 1 buah asam kandis

- garam secukupnya

- gula pasir secukupnya

- minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

- 5 siung bawang putih

- 12 siung bawang merah

- 10 buah cabai merah keriting

- 5 buah cabai rawit

- 4 butir kemiri, sangrai

- 3 cm kunyit

- 1 sdt ketumbar

Cara pembuatan:

1. Masukkan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri yang sudah disangrai, kunyit, dan ketumbar ke dalam blender. Haluskan seluruh bahan tersebut hingga benar-benar lembut.

2. Kemudian tumis bumbu hingga harum di api sedang. Lalu tambahkandaun kunyit, daun jeruk, daun salam, dan asam kandis ke dalam bumbu tumisan. Aduk-aduk hingga semua daun layu.

3. Masukkan potongan daging ayam ke dalam bumbu tumisan. Aduk-aduk sampai ayam terbaluri bumbu dengan merata hingga ayamnya sedikit berubah warna.

4. Tuang santan encer sedikit demi sedikit ke dalam tumisan sambil di aduk. Teruslah mengaduk sampai santan menjadi kuah berwarna kuning. Jika sudah matang, tuang santan kental ke dalam masakan. Aduk kembali hingga menyatu dengan bumbu gulainya.

5. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian tes rasanya.

6. Jika bumbu sudah meresap kedalam ayam, angkat masakan. Makanan siap disajikan.

Selamat Mencoba!

Tag : selera nusantara, gulai, resep, sumatera, padang

Berita Terkait