Kartu ATM BCA akan Diblokir ?

Kartu ATM BCA berbasis teknologi Chip dinilai lebih aman.

Maraden | Ekonomi | 18-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Bank BCA meminta semua nasabahnya untuk mengganti kartu ATM-nya menjadi kartu ATM terbaru yang berbasis chip agar tetap bisa digunakan. Hal itu diumumkan langsung oleh pihak bank dalam notifikasi pada aplikasi Mobile Banking BCA.

Nasabah diminta menukarkan kartu ATM lama yang masih berbasis Strip Magnetik ke kartu ATM berbasis Chip paling lama hingga 30 November 2021. Penggunaan KARTU ATM yang masih dengan Strip Magnetik nantinya akan diblokir per 1 Desember 2021.

BCA melakukan penggantian kartu ATM dari magnetic stripe ke kartu ATM berbasis chip merupakan mandat dari Bank Indonesia dalam Surat Edaran No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit.

Kartu berteknologi chip dinilai lebih aman dan bisa mengurangi risiko pencurian atau pengkopian data kartu secara ilegal (card data skimming).

Selain tidak mudah ditiru sehingga jauh lebih aman dari scamming dan kejahatan lain, dengan kartu berbasis chip, akan memiliki beberapa kelebihan dibanding kartu yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe, antara lain memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, proses transaksi lebih cepat dan memiliki proteksi ganda untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.

Penukaran kartu ATM lama dengan ATM chip sama sekali tidak dipungut biaya. Penggantian kartu ATM ini gratis tanpa dikenakan biaya sepeserpun di semua bank.

Selain BCA, beberapa bank lain juga telah menetapkan jadwal penukaran kartu ATM berbasis Magnetic Stripe ke kartu berbasis chip, yaitu sebagai berikut :

  • Bank BNI

Penggantian kartu debit magnetic stripe ke chip dapat dilakukan sampai dengan 30 November 2021. Penukaran kartu debit dengan yang baru di kantor cabang BNI terdekat atau lewat mesin BNI Sonic.

  • Bank BTN

Penukaran kartu ke ATM chip sudah dilakukan sejak 7 Juni 2021. Penggunaan kartu non chip sendiri sudah diblokir oleh pihak bank BTN. Namun bagi yang belum melakukan pergantian kartu, masih dapat menukarkan kartu lama di seluruh outlet atau kantor cabang BTN.

  • Bank Permata

Kartu debit magnetic strip Bank Permata sudah tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun sejak 7 Juli 2021. Penukaran kartu masih dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Permata terdekat atau menghubungi PermataTel 1500111.

  • Bank Danamon

Bank Danamon menjadwalkan penggantian kartu debit lama dengan kartu berteknologi chip hingga 31 Desember 2021. Prosesnya penukarannya dapat dilakukan nasabah di kantor cabang terdekat.

  • Bank Mega

Penggantian kartu debit chip Bank Mega juga masih dapat dilakukan di kantor Bank Mega terdekat. Bank menentukan batas waktunya hingga 31 Desember 2021.

  • Bank Mayapada

Bank Mayapada telah memblokir kartu ATM magnetic strip beserta layanan myMOBILE yang melekat pada kartu tersebut pada 16 Juli 2021. Nasabah masih dapat menukar kartu ATM chip di kantor cabang Bank Mayapada terdekat dengan membawa kartu identitas dan kartu ATM lama.

  • Maybank Indonesia

Per 1 Juli 2021 Maybank Indonesia telah memblokir kartu ATM lama magnetik Maybank Indonesia. Kartu masih dapat ditukarkan lewat aplikasi M2U ID dari ponsel atau di kantor cabang terdekat dengan membawa KTP (WNI), paspor (WNA), serta kartu ATM lama.

  • Bank Muamalat

Jadwal penukaran kartu lama ke kartu berteknologi chip untuk Nasabah Bank Muamalat adalah sampai 31 Desember 2021. Nasabah bisa mengganti kartu debit chip dengan datang langsung ke kantor cabang dan tidak dapat diwakilkan.

Tag : ekonomi

Berita Terkait