Laptop Murah dan Berkualitas, Samsung Hadirkan Chromebook 4 di Indonesia

By ultimatemyspace 10 Jun 2021, 21:35:49 WIB Teknologi
Laptop Murah dan Berkualitas, Samsung Hadirkan Chromebook 4 di Indonesia

Keterangan Gambar : Chromebook 4


Lama tidak mengeluarkan produk laptop, Samsung akhirnya resmi meluncurkan laptop terbaru yang dijalankan dengan sistem operasi Chrome OS, yaitu Chromebook 4 pada Rabu (9/6/2021).
Sebelumnya Samsung pernah mencoba membawa Chromebook ke Indonesia beberapa tahun lalu, tetapi gagal. Ada banyak hal yang menjadi faktor gagalnya Chromebook ini sampai ke Indonesia, salah satunya kualitas internet yang belum secepat sekarang atau bisa jadi karena konsumen yang belum siap.
Berbeda dengan sekarang, pasar Indonesia sudah banyak berubah. Sehingga, Samsung merasa kehadiran Chromebook menjadi lebih relevan. Terutama untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 ini.
IT & Mobile B2B Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Lukman Basuki mengatakan, kehadiran perangkat ini merupakan bentuk upaya Samsung dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah.
“Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang ringan, cepat dan seamless dengan mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif,” ujar Lukman Basuki dalam siaran persnya, Rabu (9/6/2021)
Dari segi dimensi, Samsung Chromebook 4 hadir dengan dimensi 287,9 x 202,3 x 16,7 mm, dengan bobot hanya 1,18 kg dan ketebalan 16,7 mm.
Chromebook 4 memiliki layar HD seluas 11,6 inci (1.366 x 768 piksel). Perangkat ini juga hadir dengan kamera HD 720p dan speaker stereo untuk menunjang kegiatan PJJ ataupun rapat online.
Samsung Chromebook 4 dibekali prosesor Intel yang dipadukan RAM LPDDR4 4GB dan memori internal eMMC 32 GB.
Laptop ini memiliki baterai yang diklaim dapat bertahan hingga 12,5 jam dalam sekali pemakaian. Pengisian daya dilakukan melalui kabel USB tipe C. Port tersebut dapat dihubungkan ke monitor eksternal 4K.
Selain meberikan akses yang cepat, Lukman juga mengatakan bahwa Samsung Chromebook 4 memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Laptop ini bahkan sudah memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G) yang dapat mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, serta perubahan suhu ekstrim.
Chromebook 4 ini dikatakan lebih aman. Karena adanya sistem operasi ChromeOS berbasis web, sehingga akan mendapat update berkala dan cepat dengan security patches reguler untuk mencegah terjadinya bocoran data dan meminimalisir resiko serangan cyber.
Sayangnya, Samsung belum membocorkan harga jual dari Chomebook ini di Indonesia.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment