Kenali Penyebab Diesel Runaway dan Cara Menanganinya

Fenomena diesel runaway pad mobil berbahan bakar solar.

Maraden | Otomotif | 15-10-2021

PARBOABOA – Mobil diesel adalah mobil yang menggunakan bahan bakar berat seperti solar. Solar disebut juga bahan bakar diesel sebab pembakarannya dimulai dengan nyala spontan karena tekanan. Mesin diesel pada awalnya disukai terutama pada mesin industri yang mempunyai kecepatan putar rendah atau sedang.

Mobil bermesin diesel kerap menjadi pilihan bagi para pecinta otomotif karena dikenal sebagai kendaraan yang tangguh, irit bahan bakar serta minim perawatan.

Meski begitu, perlu diingat bahwa setiap kendaraan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kelemahan yang menjadi mimpi buruk bagi pemilik mobil berbahan bakar solar ini adalah diesel runaway.

Seperti contoh kejadian baru-baru ini di salah satu ruas jalan tol yang menimpa mobil Isuzu Panther dalam rekaman video di Instagram yang menarik banyak perhatian kalangan otomotif.

Dalam video itu, mobil Isuzu Panther tersebut mengalami fenomena diesel runaway. Mobil itu terlihat mengeluarkan kepulan asap putih tebal yang bahkan membuat mobil itu tertutupi asap hingga nyaris tak terlihat.

Diesel runaway merupakan salah satu masalah berat yang dapat terjadi pada mobil berbahan bakar solar. Diesel runaway adalah kondisi di mana mesin tak bisa atau tidak mau mati meski kunci kontak diputar ke posisi off, bahkan sudah dicabut sekalipun. Hal itu menyebabkan mesin menyedot solar dari bahan bakar secara tidak terkontrol, sehingga putaran mesin akan semakin tinggi dengan sendirinya.

Kejadian disel runaway ini memang terbilang langka, namun semua mobil yang menggunakan mesin diesel baik mobil biasa ataupun bus berpotensi mengalami hal tersebut.

Penyebabnya bisa beragam, seperti pompa solar rusak atau karena adanya failure dari perhitungan ECU. Diesel Runaway juga bisa terjadi karena kebocoran oil seal pada turbo dan terus mengirim bahan bakar secara tidak terkontrol. Pada beberapa kasus, diesel runaway bisa terjadi sangat parah dan diluar kontrol seperti mobil terbakar dan bahkan mesin meledak.

Jika sudah demikian, tidak banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengemudi sebab jika penanganannya salah bisa berbahaya dan risikonya fatal. Untuk itu pemilik mobil diesel perlu memiliki pemahaman tentang kinerja mesin diesel.

Jika pengemudi mengalami hal ini sebaiknya segera memarkir kendaraan di tempat yang aman, kemudian tarik rem tangan lalu suruh semua penumpang keluar dan menjauh mobil. Tunggu sampai bahan bakar dalam tangki habis. Setelah solar habis, mesin akan mati dengan sendirinya.

Sebenarnya pada saat terjadi diesel runaway dapat diatasi dengan menghentikan pasokan udara yang masuk kedalam ruang bakar pada mesin. Kinerja dan proses hidup matinya mesin diesel bergantung pada dua hal, yakni pasokan solar dan udara. Artinya adalah harus melepas saluran udara dan kemudian menutupnya dengan sesuatu, akan tetapi harus memastikan dahulu kalau penutupnya cukup kuat dan tidak akan terhisap.

Tag : otomotif, mobil, diesel runaway, mobil diesel , mobil solar, kelemahan diesel

Berita Terkait