Kecepatan Internet Biznet dan Telkomsel Paling Kencang Versi Speedtest

Ilustrasi Kecepatan Internet Biznet dan Telkomsel

admin | Teknologi | 20-07-2021

Biznet dan Telkomsel menjadi operator dan penyedia jasa fixed broadband dengan kecepatan internet paling kencang di Tanah Air. Hal ini diungkapkan oleh Speedtest di laporan terbarunya “Speedtest Global Index 2021”.

Speedtest menjabarkan peringkat kecepatan internet dari penyedia layanan internet (ISP) dan operator seluler di Indonesia. Laporan tersebut dibuat berdasarkan data selama kuartal kedua (Q2) 2021.

Laporan tersebut menggunakan skala 0 sampai 50 untuk mengukur skor kecepatan atau speed score ISP dan operator seluler.

Menurut Speedtest, skor ini dihitung dengan menggabungkan kecepatan download dan upload masing-masing operator penyedia jasa internet.

Berdasarkan laporan itu, Biznet menempati peringkat teratas dan memperoleh skor kecepatan mencapai 40,66. ISP bernuansa biru itu diikuti oleh MyRepublica dengan skor 35,63.

Sedangkan Telkomsel berada di peringkat ketiga. Perbedaan skor MyRepublic dan Telkomsel pun terpaut cukup jauh.

Telkomsel mendapat speed score 28,02. Operator yang dipimpin oleh Hendri Mulya Syam itu berhasil mengalahkan IM3 Ooredoo dan XL yang masing-masing memiliki skor 26,38 poin dan 20,96 poin. Kemudian di peringkat terbawah ada First Media dengan skor 16,51.

Bukan hanya memiliki kecepatan internet yang cepat, Telkomsel juga unggul dalam hal latensinya yang hanya 30ms saja. Latensi internet rata-rata Telkomsel adalah yang paling rendah daripada operator lainnya.

Operator seluler raksasa itu juga berhasil merebut posisi teratas perihal konsistensi kinerja jaringan. Konsistensi Telkomsel mencapai 81,4% dengan kecepatan download minimal 5 Mbps dan kecepatan upload minimal 1 Mbps.

Lalu, perangkat apa yang berhasil mempersembahkan koneksi tercepat ke penggunanya ?

Masih berdasarkan analisis Speedtest, performa smartphone tercepat yang ada di Indonesia adalah iPhone 12 Pro Max 5G. Perangkat milik Apple ini memperlihatkan kecepatan download rata-rata paling gegas pada angka 43,73 Mbps sepanjang Q2 2021. Kemudian disusul Mi 10T Pro 5G, iPhone 11 Pro Max, Galaxy S10+, dan iPhone Xs Max.

Berdasarkan analisa Speedtest dari segi chipset, ada lima chipset dengan kinerja tercepat saat ini yang digunakan di Indonesia.  Snapdragon X55 5G dari Qualcomm memberikan kecepatan download rata-rata paling gegas, sebesar 43,17 Mbps. Namun Exynos 9820 dari Samsung dapat mempersembahkan latensi paling kecil yakni sebesar 28 ms.

Tag :

Berita Terkait