Kapan Pengguna Windows 10 Bisa Update Windows 11 Gratis ?

By Wanovy Hutapea 15 Jul 2021, 12:58:17 WIB Teknologi
Kapan Pengguna Windows 10 Bisa Update Windows 11 Gratis ?

Keterangan Gambar : Proses Upgrade Windows 11


Microsoft telah mengumumkan kehadiran Windows 11 secara resmi. Sistem operasi teranyar penerus Windows 10 itu akan mulai dirilis secara bertahap pada akhir tahun 2021 ini.

OS tersebut hadir dengan sejumlah pembaruan fitur dan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih, salah satunya ialah tampilan taskbar dan menu start yang mirip dengan MacOS.

Microsoft sendiri juga telah mengkonfirmasi bahwa nantinya sistem operasi ini bisa juga diunduh secara gratis oleh pengguna Windows 10.

Baca Lainnya :

Hal itu sama seperti Windows 10 beberapa tahun lalu, yang juga bisa mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara  cuma-cuma oleh pemilik lisensi Windows 7 dan 8.

Namun, pengguna Windows 10 agaknya harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan update Windows 11 secara gratis, setidaknya hingga pertengahan 2022 bila menunggu update otomatis dari Microsoft.

Hal itu dikarenakan upgrade bertahap Windows 11 untuk pengguna Windows 10 saat ini baru akan dimulai pada awal tahun 2022. Sedangkan pada perilisan awal yang dimulai pada akhir tahun ini, hanya akan dikhususkan untuk komputer personal (PC) keluaran terbaru saja.

"Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu," tulis Windows di Twitter resminya.

Karena diluncurkan secara  bertahap, sebagian pengguna Windows 10 kemungkinan harus menunggu hingga satu tahun mendatang, atau paling tidak hingga Juni 2022.

Mengingat pembaruan software otomatis Windows 11 akan mengutamakan distribusi pada perangkat Windows 10 yang paling kompatibel terlebih dahulu.

Ini bertujuan untuk mencegah pembaruan software terbaru di-instal pada perangkat Windows 10 yang kemungkinana tidak kompatibel dan memiliki masalah.

Seperti dikutip dari TechSpot, Jika tak sabar menunggu pembaruan otomatis dari Microsoft, pengguna Windows 10 yang kompatibel bisa mengunduh Windows 11 versi final secara manual melalui file ISO.

Sebelum itu, pastikan bahwa perangkat Windows 10 Anda memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11 secara gratis.

Microsoft sudah membagikan spesifikasi minimal yang harus dimiliki PC sebelum menginstal Windows 11, yaitu :

- Prosesor : 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 inti atau lebih di prosesor atau System on a Chip (SoC) 64-bit yang kompatibel.

- RAM : 4 GB

-  Memori penyimpanan : 64 GB atau lebih besar

- Firmware sistem : UEFI, Secure Boot Capable

- TPM : Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0

- Kartu grafis : Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 2.0

- Display : Display definisi tinggi (720) yang ukuran diagonalnya lebih dari 9 inci, 8 bit per channel warna

- Koneksi internet dan akun Microsoft : Windows 11 Home membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk menyelesaikan setup perangkat saat pertama kali menggunakan.

Pengguna juga bisa dengan mudah memasang aplikasi PC Health Check dari Microsoft untuk mengecek apakah perangkat Anda bisa dipasang Windows 11 atau tidak.

Setelah Windows 11 versi beta ini tersedia, Anda bisa langsung mengunduhnya seperti update software biasa. Caranya dengan masuk terlebih dahulu ke menu Settings > Update & Security > Windows Update.

Kemudan klik Check for Updates. Jika Windows 11 sudah tersedia dan bisa diinstal, maka Anda akan melihat Feature Update to Windows 11. Klik Download and Install lalu ikuti petunjuk selanjutnya.

Untuk tahap awal ini, Microsoft sebenarnya memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk menguji Windows 11 melalui program Windows Insider Program.

Mereka yang terdaftar di rogram tersebut dapat mencicipi Windows versi beta ini dalam waktu dekat.

Begitu Windows 11 versi stabil digulirkan pada musim liburan mendatang, pengguna tidak perlu mendaftar Windows Insider Program.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment