Justru Akan Merusak, Berhenti Gunakan Oli Bekas Melumasi Rantai Motor

Jangan melumasi rantai dengan oli mesin bekas .

Maraden | Otomotif | 14-10-2021

PARBOABOA – Motor bebek dan sport memiliki perbedaan dengan dengan motor matik. Motor Bebek ataupun sport menggunakan rantai sebagai komponen penting untuk menyalurkan tenaga ke penggerak roda.

Sebagai komponen penting, pemilik kendaraan tentu harus melakukan perawatan pada rantai motor agar fungsinya selalu maksimal.

Merawat rantai motor perlu dilakukan secara teratur agar performa motor pun dapat selalu optimal. Selain memeriksa kekencangan rantai, memberikan pelumas secara rutin pada rantai motor juga menjadi hal penting unutk menunjang optimalnya kinerja motor.

Namun tak sedikit pemilik kendaraan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor dikarenakan biayanya yang lebih murah dan juga lebih praktis. Tak jarang pada saat mengganti oli di bengkel, para pemilik motor membawa pulang oli bekas mesin tersebut untuk digunakan sebagai pelumas rantai pada motor mereka.

Namun pemilik motor harus mengetahui jika penggunaan oli bekas pada rantai bukanlah hal yang bijak. Penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai justru akan menimbulkan efek buruk, sebab akan menyebabkan kerusakan pada rantai. Rantai akan lebih cepat mengalami kerusakan karena oli bekas mesin akan membuat rantai lebih cepat memuai. Akibatnya rantai akan lebih cepat kendur dan melar.

Selain itu, oli bekas juga tidak akan masksimal dalam memberi pelumasan pada rantai. Pelumasan yang tak maksimal itu akan membuat bagian-bagian kecil pada rantai seperti o-ring tidak terlumasi dengan baik. Akibatnya rantai akan lebih cepat rusak.

Pada oli bekas juga terdapat kandungan serbuk garam dan kotoran dari dalam mesin yang membuat kotoran tersebut malah mengotori dan menarik lebih banyak debu yang menempel di rantai. Jika rantai sering kotor akan berpotensi menyebabkan karat yang akan merusak rantai dengan cepat.

Untuk itu, langkah yang bijak adalah menggunakan pelumas khusus rantai (chain lube) yang tersedia di toko-toko otomotif. Produk chain lube memang dibuat untuk dapat melumasi rantai dengan sempurna sehingga rantai terlumasi dengan baik. Dengan begitu fungsi rantai pada motor pun akan berjalan sebagaimana mestinya. Penggunaan pelumas khusus rantai pada motor juga akan menambah usia pemakaian rantai motor. Selain itu, rantai juga akan selalu bersih karena terdapat kandungan pada pelumas khusus rantai yang membuat kotoran dan debu tidak menempel pada rantai motor.

Tag : otomotif, merawat rantai motor, sepeda motor, pelums motor, oli mesin,tips motor

Berita Terkait