Jangan Tunggu Sampai Tidak Dingin, Servis AC Mobil Perlu Dilakukan Rutin

Merawat AC mobil agar kondisinya selalu optimal.

Maraden | Otomotif | 21-10-2021

PARBOABOA – Salah satu komponen pada mobil yang memiliki peranan penting adalah Air conditioner (AC). Komponen ini memberikan kenyamanan berkendara di dalam mobil, baik di saat panas maupun saat hujan.

Diperlukan perawatan khusus untuk memastikan AC mobil beroperasi secara optimal. Selain perawatan rutin, penting bagi pemilik mobil mengetahui kondisi AC pada mobilnya, misalnya apa yang menyebabkan AC tidak cepat mendinginkan kabin mobil.

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC tidak cepat dingin. Di antaranya yaitu adanya kebocoran pada pipa AC karena usia pemakaian yang sudah cukup lama atau dikarenakan kerusakan pada bagian evaporator maupun kondensor.

Penggunaan normal sehari-hari tidak menutup kemungkinan masalah pada AC mobil. Hal itu dikarenakan faktor-faktor seperti kebersihan mobil, penggunaan pengharum mobil yang tak sesuai, RPM yang sering dipacu, atau juga karena merokok di dalam mobil.

Maka dari itu perawatan AC haruslah dilakukan rutin tanpa harus menunggu kondisi AC bekerja tidak optimal. Perawatan dapat dilakukan dengan sendiri atau membawa mobil ke tempat service.

Melakukan service AC mobil jangan menunggu hingga ada masalah atau kondisi AC sudah tidak dingin lagi. Menservis AC mobil harus selalu dilakukan tepat waktu sesuai siklus waktu yang telah ditentukan seperti sekali setiap tiga bulan atau enam bulan, paling lambat setahun sekali.

Dengan mengetahui kondisi AC, kita dapat memberikan detailnya kepada pihak service agar dapat ditangani dengan baik. Kebanyakan yang terjadi pada kasus AC mobil rusak karena tidak diperhatikan oleh pemilik kendaraan dan langsung menyerahkannya ke bengkel resmi.

Padahal servis di bengkel resmi tidak selalu melakukan pengerjaan AC secara detail. Umumnya mereka hanya melakukan servis ringan seperti membersihkan filter AC saja.

Banyak komponen pada AC yang memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC. Komponen-komponen tersebut perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan berkala. Seperti komponen receiver dryer, kemudian expansion valve yang berperan mengubah freon cair ke dalam bentuk gas, juga oli kompresor atau flushing. Pada diler, perawatan komponen ini jarang dilakukan.

Itulah sebabnya diharapkan pemilik mobil agar berperan aktif dalam merawat AC mobilnya secara rutin agar udara yang dihasilkan tidak hanya sekedar dingin namun juga bersih dan sehat.

Tag : otomotif, perawatan mobil, service mobil, ac mobil, service ac mobil, tips mobil

Berita Terkait