Instagram Uji Coba Fitur Add Musik di Feed

Instagram tengah menguji coba dukungan musik di postingan beranda atau feed yang mirip dengan fitur Reels

Wanovy | Teknologi | 26-11-2021

Instagram dikabarkan tengah menguji coba dukungan musik di postingan beranda atau feed. Musik ini akan melengkapi konten Instagram lain seperti Stories dan Reels.

Dilansir dari XDA Developers, Selasa (23/11/2021), uji coba ini baru muncul untuk sebagian kecil orang di beberapa negara tertentu.

Saat ini, dilaporkan baru beberapa pengguna India dan negara lain yang sudah menerimanya.

Opsi tambahkan musik di unggahan feed ini akan muncul saat pengguna menyiapkan postingan yang mau dibagikan. Saat ingin diunggah, menu musik akan muncul dan bisa dipilih, mirip seperti yang ada di Stories dan Reels.

Pengguna juga bisa memilih lagu melalui opsi  “Trending” dan “For You”. Setelah lagu dipilih, mereka dapat memotong durasi lagu sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerjanya mirip seperti Reels, jika pengguna mengetuk lagu yang dibagikan, mereka akan melihat konten feed pengguna lain dengan musik yang sama.

Menurut postingan salah satu pengguna Instagram dengan handle @ladyroxpop, fitur "Add Music" pada postingan feed bakal tersedia di halaman akhir saat pengguna biasa menuliskan caption, menandai (tag) pengguna lain, atau menyertakan nama tempat.

Pengguna bisa menambahkan musik di positngan feed dengan mengklik fitur "Add Music" yang ada di bawah kolom "Add Location".

Ketika fitur "Add Music" di-klik, pengguna akan dibawa ke jendela database musik Instagram untuk mencari dan memilih lagu yang diinginkan.

Persis saat menambahkan lagu di Reels atau melalui stiker musik di IG Stories, pengguna juga bisa menyesuaikan bait lagu yang ingin digunakan dalam postingan feed. Setelah musik dipilih, pengguna bisa mengunggah postingan feed seperti biasanya.

Kendati demikian, tidak ada informasi kapan fitur dukungan musik di unggahan beranda ini diluncurkan Instagram secara global. Tidak jelas pula apakah fitur diberikan lebih dulu ke negara dengan pengguna tinggi atau tidak.

Tag : instagram, feed, music, stiker musik, reels

Berita Terkait