Ini Bedanya Jaringan 4G dan 5G

By Wanovy Hutapea 09 Jun 2021, 20:28:48 WIB Teknologi
Ini Bedanya Jaringan 4G dan 5G

Pekembangan teknologi semakin terus berkembang dan terus memunculkan inovasi baru terutama pada smartphone. Bukan hanya smartphone, jaringan internet juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.S eperti saat ini, jaringan 4G mulai ditinggalkan setelah pemerintah menluncurkan 5G. Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari pengembangan jaringan telekomunikasi di dunia. Lalu, apa perbedaan 4G dan 5G ?

Jaringan 4G
4G mulai diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2008. Jaringan generasi keempat ini memboyong percepatan pengunduhan data hingga 10 kali lipat dari jaringan 3G, dengan mengembangkan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Kemudian disusul LTE, dimana teknologi LTE yang setara WiMAX ini justru lebih populer. Telkomsel pun menjadi operator pertama dalam komersialisasi teknologi  4G LTE.

Jaringan 5G
Jaringan 5G merupakan generasi kelima yang memiliki kecepatan tinggi dari generasi sebelumnya yaitu 4G LTE. Kecepatan 5G ini diklaim setara dengan WiFi.
Jaringan 5G mengandalkan teknologi baru seperti antenna array MIMO dan agreasi operator yang meningkatkan kecepatan melebihi jaringan 4G LTE. Bahkan jaringan tersebut memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dibanding jaringan 4G. Dengan kecepatan yang tinggi, jaringan 5G ini dikatakan lebih efisien karena waktu tempuh aksesnya yang lebih singkat daripada 4G. Kecepatan jaringan yang stabil dan lebih cepat akan menghemat waktu dan kuota internet.
Penggunaan jaringan 5G diprediksi akan mengingkatkan pengembangan pada kecerdasan buatan, seperti pembuatan robot, pembelajaran mesin hingga pengembangan kota pintar.
Saat ini jaringan internet 5G masih tersedia di enam lokasi Jabodetabek diantaranya Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Seropong Damai dan Alam Sutera, Tanggerang. Telkomsel juga sudah memperluas jaringan 5G ini di beberapa kota baru yakni Surakarta, Medan dan Balikpapan.
Untuk saat ini, perangkat yang mendukung jaringan 5G Telkomsel ini adalah perangkat dengan kemampuan 5N NSA (non-standalone), frekuensi 2300 MHz.  Perangkat tersebut diantaranya OPPO Reno5 5G, OPPO A74 5G Huawei Mate 40 Pro, Vivo X60 dan X60 Pro.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment