Geger, Tiga Panglima Kibarkan bendera NII di Garut

Tangkapan layar video pria kibarkan bendera NII di Garut, Jawa Barat.

Maraden | Nasional | 14-10-2021

PARBOABOA, Garut – Beredar video pengibaran Negara Islam Indonesia (NII) serta ajakan bergabung dengan NII membikin geger masyarakat. Peristiwa dalam video tersebut diketahui terjadi di di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam video tersebut terlihat tiga orang pria berjalan mengelilingi kampung. Seorang pria yang berjalan ditengah mengenakan kaos merah dengan simbol bulan bintang terlihat membawa bendera NII.

Pria pemegang bendera tersebut kemudian menyerukan ajakan kepada dunia dan juga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk segera masuk NII.

Terkait video tersebut, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan tiga orang yang melakukan ajakan bergabung ke NII telah diperiksa di Polsek Pasirwangi, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Ketiganya mengaku sebagai Panglima dan Jenderal NII dan DI/TII

"Kami sedang melakukan pendalaman," ujar Wirdhanto saat diwawancarai awak media di Polres Garut, Kamis (14/10/2021).

Video yang berdurasi 2 menit 23 detik tersebut viral di media sosial pada Kamis (13/10/2021). Video itu meresahkan karena berisi ajakan untuk masuk Negara Indonesia Islam (NII).

Video tersebut dibuat sekira bulan Agustus 2021 lalu, kemudian viral kembali setelah isu NII marak di sekitar Kabupaten Garut beberapa waktu lalu.

Dalam video ketiga pria tersebut berkeliling sambil menyerukan ajakan kepada seluruh dunia untuk bergabung dengan NII. Ajakan yang diiringi takbir itu ditujukan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gedung Putih, Madinah, dan Indonesia.

Tag : nasional, bendera nii, garut,negara islam indonesia, video viral

Berita Terkait