Daftar Hantu Paling Populer di Indonesia

Ilustrasi Pocong

rini | Hiburan | 25-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Di Indonesia cerita hantu menjadi sebuah mitos yang sangat dipercayai masyarakat. Setiap daerah pasti punya nama hantu dan cerita mistis menyeramkan yang melekat dengan kehidupan masyarakat.

Kalau bagi masyarakat di Sumatera Utara hantu yang paling terkenal adah Begu Ganjang. Hantu ini digambarkan sebagai sosok hantu yang jika dilihat akan semakin tinggi. Hantu ini disebut-sebut dapat menyebabkan kematian dengan mencekik orang yang melihatnya.

Cerita mengenai hantu menjadi kesukaan beberapa orang, namun bagi sebagian orang bisa menjadi sumber ketakutan. Di Indonesia ada banyak cerita mengenai hantu yang telah diangkat menjadi film layar lebar seperti: Pengabdi Setan, Suzanna, Danur, Jelangkung dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa hantu paling populer di Indonesia:

1. Pocong

Pocong adalah hantu yang terlilit kain kafan dan bergerak dengan melompat lompat. Salah satu kisah yang beredar menyebutkan bahwa pocong berasal dari jasad orang meninggal yang lupa dibuka tali pocongnya saat penguburan. Hantu pocong sangat populer di Indonesia dan diketahui seluruh lapisan masyarakat.

2. Kuntilanak

Hantu kuntilanak digambarkan sebagai seorang perempuan berambut panjang dan memakai pakaian putih. Dalam legendanya disebut jika kuntilanak adalah hantu dari wanita hamil yang meninggal sebelum melahirkan. Kuntilanak dikatakan sering menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri dijalan yang sunyi dan akan mengganggu orang yang kebetulan lewat.

3. Sundel Bolong

Hantu Sundel Bolong juga sangat populer di Indonesia. Digambarkan sebagai seorang arwa wanita yang mati penasaran mempunyai ramput panjang dan memakai pakaian putih. Sundel Bolong sekilas mirip dengan penggambaran kuntilanak. Hanya saja sundel bolong digambarkan mempunyai punggung yang bolong atau berlubang.

4. Genderuwo

Genderuwo adalah jin yang mirip kera, berbadan besar dan kekar dengan warna kulit kemerahan yang menyeramkan. Berbagai legenda menyebutkan bahwa genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seorang manusia untuk menggoda sesama manusia. Genderuwo dipercaya sebagai sosok makhluk yang iseng dan cabul, karena kegemarannya menggoda manusia terutama kaum perempuan dan anak-anak.

5. Tuyul

Tuyul adalah hantu anak kecil yang suka mencuri uang. Banyak mitos yang menyebutkan, bahwa hantu tuyul sengaja dipelihara oleh seseorang untuk memperoleh kekayaan secara cepat. Tuyul sering muncul dalam film-film Indonesia, sehingga mayoritas masyarakat Indonesia sudah familiar dengan ceritanya.

Tag : hiburan, hantu, kuntilanak, pocong, sundel bolong, genderuwo, tuyul

Berita Terkait