Cek Sekarang! Kuota Internet Kemendikbud November Sudah Disalurkan

Ilustrasi Pembelajaran daring

Wanovy | Teknologi | 17-11-2021

Pemerinta melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyalurkan bantuan kuota internet kepada 21,29 juta pendidik dan peserta didik untuk periode November 2021.

Bantuan kuota internet tersebut diberikan kepada 906 ribu nomor peserta didik PAUD, 6,8 juta peserta didik SD, 3,8 juta peserta didik SMP, 2,5 juta peserta didik SMA, 2,4 juta peserta didik SMK, 41 ribu peserta didik SLB, 22 ribu peserta didik kesetaraan, 1,2 juta guru, 192 ribu mahasiswa vokasi, 3,2 juta mahasiswa akademik, 10 ribu dosen vokasi, dan 117 ribu dosen akademik.

"Kami berharap bantuan kuota menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya. Semoga para peserta didik, guru-guru, dosen, dan mahasiswa memanfaatkan bantuan kuota ini secara maksimal untuk membantu proses belajar mengajar," ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dari keterangan yang diterima detikEdu, Sabtu (13/11/2021).

Untuk itu, jadwal penyaluran bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud November 2021 sudah bisa diambil oleh para siswa. Pengguna yang bantuan kuota internetnya sudah cair akan mendapatkan notifikasi SMS dari Kemdikbud.

Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud November 2021 sendiri disalurkan untuk pengguna provider Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Tri, dan Smartfren kembali cair bulan November 2021.

Adapun jadwal penyaluran kuota internet gratis Kemendikbudristek biasanya dilakukan secara berkala pada tanggal 11-15 tiap bulannya. Dengan demikian, kemarin, Senin (15/11/2021) adalah hari terakhir kuota internet gratis Kemendikbud bulan November digelontorkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengecek bantuan kuota Kemendikbud Ristek ini untuk memastikan sudah masuk atau belum. Berikut adalah cara mengecek kuota kemendikbud di beberapa provider.

Telkomsel

-USSD *888# > pilih "Cek Pulsa & Kuota" > pilih "Cek Kuota". Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS

-Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

Indosat Ooredoo

-USSD *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS Aplikasi myIM3 > beranda > data Tri USSD *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS. SMS: ketik "INFO KUOTA" kirim ke 234

-Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

XL Axiata & Axis

-USSD *123*7*1# > "Cek Kuota" Informasi akan dikirim via SMS

-Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

Smartfren

-USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS SMS dengan format "Cek", kirim ke 995

-Aplikasi MySmartfren, lalu buka menu "Paket Saya" .

Besaran kuota Kemendikbud Besaran kuota internet gratis Kemendikbud yang diberikan untuk siswa dan pendidik menurut jenjang pendidikan adalah sebagai berikut: Siswa PAUD: 7 GB/ bulan Siswa SD, SMP, SMA: 10 GB/ bulan Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA: 12 GB/ bulan Mahasiswa dan dosen: 15 GB/ bulan.

Setiap nomor ponsel penerima bantuan bisa menerima paling banyak tiga bantuan paket kuota data internet, dengan ID penerima bantuan yang berbeda.

Bantuan kuota internet ini sendiri diperuntukkan untuk membantu guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bantuan kuota juga mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang dikombinasikan dengan PJJ atau dikenal blended learning.

Tag : internet, kuota, kemendikbud

Berita Terkait