Cara Share Location dari Desktop ke HP

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 17-11-2021

Aplikasi Google Maps memiliki banyak sekali manfaat. Tidak heran jika di Play Store sudah di download dan diinstal lebih dari 5 milyar kali. Itupun belum ditambah dengan pengguna versi Desktop/PC dan iPhone.

Salah satu manfaat Google Maps yang digunakan banyak orang adalah kemampuannya untuk berbagi lokasi (share location). Baik membagikan lokasi saat ini, lokasi real time, maupun lokasi di berbagai tempat yang ada di peta.

Untuk mencari titik lokasi di Google Maps, biasanya sejumlah orang lebih nyaman membukanya lewat perangkat komputer (PC desktop/laptop) karena ukuran layarnya lebih luas.

Tujuannya adalah agar pengguna bisa melihat titik lokasi secara lebih jelas. Namun, untuk mencocokkan titik lokasi yang sama dengan Google Maps yang diakses lewat komputer, pengguna biasanya harus membuka aplikasi Google Maps di smartphone mereka.

Kini lewat fitur bernama "Send to Your Phone", pengguna Google Maps tidak perlu repot lagi untuk melakukan hal tersebut. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna dapat membagikan hasil pencarian lokasi di Google Maps ke perangkat smartphone. Berikut ini adalah panduannya yang bisa Anda terapkan:

1. Buka situs Google Maps di tautan berikut melalui browser perangkat komputer (PC desktop/laptop).

2. Masukkan lokasi yang ingin Anda cari di kolom "Search" yang ada di samping kiri, lalu tekan "Enter". Jika sudah, akan muncul hasil penelusuran dari titik lokasi yang Anda cari tadi.

3. Klik opsi "Send to Your Phone" yang terletak di samping kanan menu "Nearby" atau di samping kiri tombol "Share".

4. Ketika di-klik, nantinya akan muncul jendela pop-up kecil yang menampilkan tiga opsi yaitu nama perangkat yang terhubung, alamat email Anda, dan nomor telepon Anda.

5. Sebelum dikirim, pastikan bahwa akun Google Maps di perangkat komputer Anda sesuai dengan aplikasi Google Maps versi mobile.

6. Anda bisa langsung memilih salah satu dari ketiga opsi tersebut. Apabila Anda meng-klik opsi "email", maka hasil pencarian lokasi di Google Maps itu akan masuk ke alamat gmail Anda secara otomatis.

7. Jika Anda memilih opsi "Nomor Telepon", titik lokasi yang dicari lewat Google Maps di komputer, akan masuk ke menu SMS. Untuk membukanya, Anda hanya cukup meng-klik tautan yang tersedia di dalamnya.

8. Lalu, apabila Anda menekan opsi "perangkat yang terhubung", maka hasil pencarian lokasi akan muncul di aplikasi Google Maps di ponsel Anda tepatnya di menu "Notifications".

Demikianlah cara berbagi lokasi (share location) dari PC/desktop/laptop ke smartphone. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tag : google, share loc, maps, tips

Berita Terkait