Cara Menonaktifkan Auto Download Foto dan Video di WhatsApp

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 20-10-2021

WhatsApp merupakan aplikasi olah pesan terpopuler di dunia yang didukung banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengirim media berupa foto, video, audio, dan file.

Bagi sebagian pengguna WhatsApp, fitur ini mungkin sangat bermanfaat, tetapi belum tentu bagi sebagian lainnya. Bisa saja, alih-alih berguna, fitur download media otomatis ini malah mengganggu kenyamanan.

Secara default, pesan foto dan video yang kita terima dari pengguna lain, akan terunduh secara otomatis di WhatsApp. Hal ini terkadang cukup menyebalkan, apalagi jika foto atau video yang diunduh ukurannya lumayan besar.

Menyimpan banyak foto dan video di ponsel tentu menguras banyak memori dan kuota internet. Hal ini tentunya sangat merepotkan Anda karena harus membersihkan file yang menumpuk dan tidak lagi digunakan agar melegakan ruang penyimpanan.

Namun jangan khawatir, fitur download gambar dan video otomatis ini bisa dimatikan melalui halaman pengaturan. Dengan begitu, pengguna bisa menghemat kuota data internet serta ruang penyimpanan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda (Andorid/iOS).

2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Settings”.

3. Klik menu “Storage and Data”.

4. Lalu tuju bagian Media auto-download, terdapat pilihan When Using Mobile Data, When Connected on WiFi, dan When Roaming.

5. Pilih opsi “When Using Mobile Data” dan hilangkan centang di samping tulisan Photos, lalu lanjutkan dengan klik “Ok”.

6. Lakukan hal yang sama di bagian “When connected on WiFi”, dan “When roaming”.

7. Jika semua tahapan selesai, klik "OK" dari masing-masing opsi yang sudah Anda atur tadi.

Setelah itu, seluruh file media seperti foto dan video yang masuk di kolom chat, tidak akan di-download secara otomatis, jika Anda tidak meng-klik file tersebut.

Itulah cara menonaktifkan fitur auto-download foto dan video di WhatsApp. Selamat mencoba!

Tag : teknologi, tips, whatsapp

Berita Terkait