Cara Mencegah Asam Lambung

Cara mencegah asam lambung

rini | Kesehatan | 13-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan.  Penyakit ini dapat meningkat risikonya pada orang-orang yang kerap terlambat makan, kelebihan berat badan, dan ibu hamil.

Kondisi ini bisa dicegah dengan perbaikan pola makan dan pola kebiasaan hidup.

Beberapa gejala asam lambung, seperti: perut terasa tidak nyaman terutama saat kosong, mual dan muntah, sensasi terbakar pada dada, perut kembung.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah asam lambung naik:

1. Makan dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi yang kecil dan cukup sering adalah salah satu cara mencegah asam lambung naik yang paling sederhana. Bagi penderita asam lambung makan 5 kali sehari dalam porsi kecil lebih baik daripada makan 3 kali sehari dalam porsi besar.

2. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Hindarilah langsung berbaring setelah makan, setidaknya tunggu sekitar 2-3 jam setelah makan. Hal ini bertujuan agar makanan tidak naik kembali ke kerongkongan, dengan melakukan hal ini, risiko meningkatnya asam lambung akan berkurang.

3. Berhenti Merokok

Rokok merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung. Rokok juga dapat menimbulkan munculnya asam lambung.

Kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat sfingter esofagus menjadi relaks. Akibatnya, risiko naiknya asam lambung pun meningkat. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan merokok dari sekarang.

4. Minum Air Putih

Untuk mencegah naiknya asam lambung, maka kinerja pencernaan harus lancar. Agar usus dapat bekerja lebih cepat dalam mengolah makanan, kadar pH yang seimbang dapat menunjangnya. Oleh karena itu, perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

5. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi dapat memicu naiknya asam lambung seperti: cokelat, kopi, soda, alkohol, daging, produk susu, makanan berlemak, dan makanan asam.

Jika asam lambung masih sering kambuh, meski sudah melakukan pencegahan-pencegahan diatas, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara medis, agar penyakit dapat diobati segera dengan tepat.

Tag : kesehatan, cara mencegah asam lambung, gejala asam lambung

Berita Terkait