Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 25-11-2021

Mengganti nomor WhatsApp mungkin jadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh penggunanya. Entah itu karena alasan ingin membuat kontak lebih privasi, atau karena memang nomor lama sudah tidak aktif lagi.

Namun apabila WhatsApp yang Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan, tentunya ada kontak dan riwayat chat penting yang ingin tetap kamu simpan.

Agar tidak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi dengan yang baru tanpa menghapus data pengguna.

Dengan begitu, pengguna akan tetap terhubung dengan para teman dan keluarganya, meski nomor WhatsApp-nya baru. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ganti nomor ponsel ini? Yuk, simak panduan berikut ini.

1. Buka Aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

2. Buka menu pengaturan atau “Settings”, pilih “Account”, lalu klik “Change Number” dan “Next” di tampilan selanjutnya.

3. Masukkan nomor WhatsApp yang lama (yang sedang digunakan saat ini) dan nomor WhatsApp yang baru (yang akan digunakan nanti) pada kolom yang tersedia.

4. Setelah itu, Klik “Next”.

5. Di tampilan selanjutnya, pengguna akan disodorkan dengan jendela konfirmasi bahwa nomor WhatsApp yang sekaran akan digantikan dengan nomor baru.

6. Anda bisa mengaktifkan fitur “Notify contacts” di tampilan ini untuk memberitahu ke semua orang yang berada di dalam grup yang pengguna ikuti, bahwa nomor ponselnya telah diganti.

7. Jika nomor ponsel sudah benar dan fitur Nofity contacts sudah diaktifkan/dinonaktifkan, klik tombol “Done”.

8. Pada tampilan selanjutnya, pengguna akan dimintai enam digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel baru. Kode tersebut bisa saja dikirimkan melalui panggilan suara.

9. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang didapat dan apabila kode verifikasi benar, maka WhatsApp akan melanjutkan proses verifikasi dalam beberapa saat.

Jika proses verifikasi sudah selesai, maka akan ada jendela pop-up yang menyatakan bahwa nomor WhatsApp sudah diganti ke nomor baru, tanpa menghapus data-data percakapan dan informasi dalam grup.

Sekarang aplikasi WhatsApp kamu sudah berganti nomor. Sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot memberitahu setiap kontak WhatsApp apabila Anda telah mengganti nomor WhatsApp.

Sebab, bila mereka menyimpan nomor WhatsApp Anda sebelumnya di kontaknya, maka secara otomatis mereka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa WhatsApp Anda telah diganti nomor.

Tag : whatsapp, tips, ganti nomor wa, chat

Berita Terkait