Balmuda Phone, Smartphone Mungil Buatan Pabrikan Pemanggang Roti Asal Jepang

Perusahaan pembuat pemanggang roti asal Jepang, Balmuda membuat smartphone unik yang diberi nama Balmuda Phone

Wanovy | Teknologi | 18-11-2021

Perusahaan pembuat pemanggang roti asal Jepang, Balmuda membuat smartphone unik. Ponsel ini fokus pada desain yang ringkas alih-alih persegi panjang pelat besar. Smartphone yang berukuran layar 4,9 inci itu pun diberi nama Balmuda Phone.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (18/11/2021), CEO Balmuda Gen Terao mengungkap ide di balik pembuatan smartphone pertama mereka.

Menurut Terao, saat ini ada banyak permintaan akan sebuah smartphone Android berukuran compact. Pasalnya kebanyakan smartphone Android yang ada di pasaran berukuran terlalu besar sehingga sulit dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Balmuda Phone didukung dengan resolusi FHD+ dan aspek rasio 16:9. Dibanding smartphone lain di pasaran, pada Balmuda Phone terdapat bezel yang masih cukup tebal di sisi atas dan bawah layar.

Ponsel dengan layar berukuran 4,9 inci bisa dikatakan relatif kecil. Sehingga dimensi seluruh ponsel berukuran 123mm x 69mm x 13.7mm. Mungkin hampir setara dengan iPhone SE (2020) yang punya layar 4,7 inci.

Hal menarik lain yang ada di Balmuda Phone adalah bentuknya yang membulat. Hampir tidak ada garis lurus di bodi ponsel ini. Termasuk bodi bagian belakang yang melengkung.

Di pojok kanan atas layar terdapat punch-hole atau lubang untuk menampung kamera selfie yang beresolusi 8 MP. Sementara di bagian punggung, Balmuda Phone dibekali dengan pemindai sidik jari konvensional berbentuk bundar, serta satu buah kamera belakang beresolusi 48 MP yang ditempatkan di pojok kiri atas.

Dilansir dari Ars Technica, Rabu (17/11), speaker utama ponsel ada di bagian belakang, tepat di sebelah kamera dan lampu kilat LED. Di sebelah kiri kamera ada objek bulat lainnya, tombol daya kombo/pembaca sidik jari, yang hampir seukuran lensa kamera.

Soal dapur pacunya, Balmuda Phone mengandalkan System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 765 dengan modem 5G terintegrasi. Chip tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Selain itu, Balmuda Phone menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang dirancang khusus untuk ponsel berukuran mungil. Aplikasi bawaan seperti kamera, kalender, notes, dan kalkulator juga dibuat secara custom, sehingga tampilan antarmukanya (UI) tidak seperti ponsel Android pada umumnya.

Balmuda Phone juga hadir dengan Android 11 dan Google Play. Di bagian bawah ada colokan USB-C. Ponsel ini juga mendukung NFC dan sertifikasi IPX4 (tahan cipratan air).

Di Jepang, Balmuda Phone baru akan dipasarkan pada 26 November 2021 mendatang. Balmuda Phone dibanderol seharga 104.800 Yen atau sekitar Rp 13 juta.

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah Balmuda Phone akan menyambangi pasar internasional termasuk di Indonesia atau tidak.

Tag : balmuda phone, smartphone, android, jepang, unik

Berita Terkait