Backup Chat WhatsApp di Google Drive dan iCloud Kini Terenkripsi End to End

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 16-10-2021

WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur backup chat terenkripsi ke Google Drive atau iCloud bagi para penggunanya. Fitur ini dapat digunakan di platform iOS dan Android.

Sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption/E2EE) menjadi andalan aplikasi perpesanan WhatsApp untuk melindungi chat penggunanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini belum ada aplikasi perpesanan global yang memiliki sistem keamanan hingga level ini.

Seperti yang disebutkan oleh WhatsApp, fitur ini bersifat opsional. Pengguna bisa menggunakan password atau 64 digit kode enkripsi yang hanya diketahui dirinya untu mengunci isi pesan yang dicadangkan.

WhatsApp mengklaim, baik penyedia layanan peyimpanan untuk backup seperti Google (Drive) dan Apple (iCloud), maupun pihak WhatsApp sendiri tidak bisa mengintip isi chat yang dicadangkan karena harus menggunakan kode enkripsi yang hanya dipegang pengguna.

Di aplikasi Whatsapp, enkripsi end-to-end mampu melindungi pesan atau chat pengguna dari kebocoran.

Fitur ini sebenarnya sudah diuji coba pada Juli lalu tetapi baru resmi dirilis untuk seluruh pengguna mulai kemarin, Jumat (15/10/2021).

"Mulai hari ini, kami memberikan ekstra, lapisan keamanan opsional untuk melindungi cadangan chat yang disimpan di Google Drive atau iCloud dengan enkripsi dari ujung ke ujung," tulis WhatsApp dalam pengumumannya di laman resmi Facebook.

Biasanya, banyak pengguna WhatsApp yang ingin mencadangkan chat mereka agar riwayat pesan dapat dipulihkan jika telepon mereka hilang atau ganti dengan yang baru.

Sehingga, dengan adanya sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption/E2EE) ini, hanya si pengguna yang bisa membukanya.

Dengan mengaktifkan enkripsi end-to-end, pesan yang dikirim melalui Whatsapp hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima pesan.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan enkripsi end-to-end saat melakukan backup chat? Berikut adalah panduannya.

Cara Backup Chat WhatsApp dengan Enkripsi End-to-End

Untuk mem-backup chat dengan enkripsi end-to-end, Anda harus mengaktifkan fitur end-to-end terlebih dahulu di pengaturan Whatsapp.

1. Buka Whatsapp, kemudian klik titik tiga bagian kanan atas dan pilih opsi “Setting”.

2. Pilih Opsi Chat > Chat Backup > end-to-end encrypted backup

3. Klik lanjutkan atau “Continue”,  kemudian ikuti perintah untuk membuat password.

4. Klik selesai dan tunggu Whatsapp mempersiapkan backup chat Whatsapp dengan enkripsi end-to-end.

Peluncuran enkripsi end-to-end pada fitur backup chat bertujuan untuk melindungi privasi pengguna saat melakukan pencadangan pesan.

Saat enkripsi end-to-end aktif, pihak yang bisa mengakses backup chat di cloud storage hanyalah pengguna.

Tanpa adanya enkripsi end-to-end, Apple dan Google bisa memberikan backup chat yang ada di iCloud dan Google Drive kepada pihak lain seperti penegak hukum atau pemerintah.

Seingga, dengan adanya enkripsi tersebut, Apple dan Google secara teoritis tak lagi bisa memberikan backup chat kepada pihak ketiga.

Tag : teknologi, apps, whatsapp, backup

Berita Terkait