Heboh Emoji Bendera Merah di Twitter, Apa Artinya?

Ilustrasi

Wanovy | Teknologi | 19-10-2021

Twitter belakangan diramaikan oleh tweet/kicauan yang menyertakan emoji bendera berwarna merah atau emoji Red Flag. Twitter mengatakan bahwa, selama seminggu terakhir ini, penggunaan emoji red flag/bendera merah dalam twit mengalami peningkatan hingga 455 persen di Amerika Serikat.

Pada 12 Oktober 2021 lalu, tercatat ada sekitar 1,5 juta twit secara global yang mencantumkan emoji bendera merah di dalamnya.

Lantas, mengapa emoji bendera merah ramai di Twitter?

Berdasarkan situs The Mary Sue, tren penggunaan emoji bendera merah dimulai sejak pengguna Twitter dari kalangan kulit hitam ramai mengunggah twit yang membahas tentang tanda bahaya yang perlu diwaspadai dalam hubungan asmara.

Sejumlah twit yang dimaksud termasuk pasangan yang lambat membalas pesan padahal sedang online, pasangan yang mengatakan mereka masih berteman dengan mantan mereka, hingga seseorang yang masih menjalani hubungan namun sudah jarang melakukan komunikasi.

Misalnya, twit yang diunggah oleh akun @inaflorescaa, “going all day without talking to me”

Akun ini mengungkapkan kicauan yang berbunyi "Pergi sepanjang hari tanpa berbicara denganku" berikut emoji bendera merah di belakangnya. Kicauan ini tercatat sudah di-retweet sebanyak 29.000 kali.

Ada pula akun dengan handle @VH1PNUT_ yang mengunggah kicauan tentang seseorang yang aktif di media sosial, tetapi sangat lambat jika membalas chat.” TEXT SLOW BUT ALWAYS ON SOCIAL MEDIA”.

Selain itu, ada juga yang ditujukan untuk pasangan yang mengatakan mereka masih berteman dengan mantan kekasihnya. Atau juga tentang pasangan yang masih menjalani hubungan namun sudah jarang melakukan komunikasi.

Di sisi lain, pemakaian emoji bendera merah dalam kicauan di Twitter, juga digunakan untuk mengekspresikan opini pengguna tentang perilaku seseorang, olahraga, makanan, film, musik, politik, atau kicauan yang mengandung unsur lelucon.

Tak cuma pengguna Twitter biasa, tren emoji red flag/bendera merah ini juga diikuti oleh akun resmi brand-brand besar. Salah satunya merek teknologi ternama yakni Qualcomm Snapdragon.

Kemudian, bendera merah atau red flag juga menggambarkan sesuatu yang menandakan adanya bahaya, masalah, atau ketidakteraturan.

Menurut kamus Merriam-Webster, dikatakan bahwa red flag/bendera merah pertama kali diartikan sebagai kata benda sejak tahun 1748.

Sementara, menurut halaman Emojipedia, emoji bendera merah atau yang disebut "Triangular Red Flag", atau biasanya dikaitkan dengan olahraga golf. Emoji red flag/bendera merah juga dapat diartikan sebagai "penanda" adanya masalah atau isu-isu penting lainnya.

Tag : teknologi, twitter, emoji

Berita Terkait