AMD Rilis PS5 Versi PC, Ini Spesifikasinya

By Wanovy Hutapea 13 Jul 2021, 19:21:36 WIB Teknologi
AMD Rilis PS5 Versi PC, Ini Spesifikasinya

AMD diketahui telah merilis sebuah paket berisi motherboard dan prosesor untuk PC yang memiliki spesifikasi sangat mirip dengan PS5.

Paket bundel tersebut adalah AMD 4700S kit, yang berisi motherboard kecil mirip ITX mini yang sudah terintegrasi dengan prosesor. RAM-nya terdapat dua pilihan, yaitu 8GB dan 16 GB GDDR4 yang tersolder ke motherboard.

Kombinasi ini menghasilkan clock speed sampai dengan 3,2 GHz dan bandwitch memori hingga 14 Gbps. Kemudian pendingin yang dipakai pun serupa dengan Wraith Stealth yang biasa dipaketkan dengan beberapa prosesor dari Ryzen.

Baca Lainnya :

Namun, posesor yang dipakai ini akan mengalami bottleneck dengan kartu grafis. Pasalnya slot PCle x 16 yang tersedia di motherboard hanya memiliki empat lane Gen2, yang hanya kompatibel dengan kartu grafis low end.

Seperti dikutip dari Techspot, AMD sendiri merekomendasikan penggunaan GPU RX 550 di kit ini, dan pilihan GPU paling kencang yang didukung hanya RX 590 dan GTX 1060.

Kombinasi motherboard, prosesor, dan RAM tersebut mirip dengan system on a chip yang di pakai di PS5, yakni Ariel. CPU-nya sama-sama memiliki delapan core dengan kecepatan sedikit lebih tinggi. Dan keduanya juga sama-sama terpasang ke RAM 16 GB GDDR6.

Menurut AMD, 4700s Dekstop Kit ini merupakan solusi unik yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar mainstream yang menginginkan performa tinggi dengan jumlah core yang banyak.

Pernyataan yang muncul mengenai kit ini adalah, 4700S merupakan chip Ariel yang detektif, alias tidak memenuhi standar kualitas untuk menjadi chip di PS5. Misalnya, GPU terintegrasi yang tidak memenuhi standar, atau clock speed yang tidak tidak terjaga, atau suhu yang dihasilkan terlalu tinggi.

Namun ada juga yang menyatakan kalau 4700S ini sebenarnya adalah prototype Ariel, atau desain yang dibuat dengan GPU terintegrasi yang berbeda.

AMD juga menjanjikan akan ada 80 PC yang akan dirilis ke pasaran oleh para partnernya mulai 24 Juni. Harganya pun akan dimumkan oleh para partnernya tersebut, dan sejauh ini kit 4700S hanya kan dijual di Asia.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment