Akibat Tambangi Kripto, Ribuan PS4 Disita

By Wanovy Hutapea 11 Jul 2021, 18:48:39 WIB Teknologi
Akibat Tambangi Kripto, Ribuan PS4 Disita

Security Service of Ukraine (SSU) menggrebek sebuah tambang kripto di kota Vinnytsia dan telah menyita ratusan GPU, pulahan prosesor, juga 3.800 unit PS4.

Pilihan komponen untuk meningkatkan kecepatan perkembangan saat ini sudah sangat bermacam. Misalnya GPU, meskipun langka, namun pasokannya mulai membaik. Dan tentunya Application Specific Integrated Circuit (ASIC) yang khusus untuk menambang kripto.

Namun pengembang kripto di Ukaraina ini malah memiliki konsol keluaran 2013, yang kemampuan GPU nya hanya setara dengan RX480, khusus PS4 Pro. RX580 yang nyata nya lebih kencang pun sudah terbilang tak efisien untuk menambah Ethereum. Lalu, apa utungnya menambangi PS4?

Baca Lainnya :

Nampaknya, PS4 ini dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwitch memori, dan bukan hanya sekadar kemampuan komputasi. Disinilah PS4 dan PS4 Slim bersinar, karena konsol tersebut mempunyai bandwitch mencapai 176GB/s dari chip memori GDDR5 yang dipakai.

Memang, varian Pro punya bandwitch yang lebih besar sekitar 217,6GB/s, begitu juga jenis chip yang sama untuk PC 256GB/s. Tetapi tidak tertinggal jauh dalaam hal penghitungan TFLOPS yang sering dijadikan dasar pengukuran kemampuan konsol.

Hal yang juga dirasa penting sebagai pertimbangan adalah harga PS4 dan ketersediaanya. Konsol ini dijual dengan harga yang relatif mudah dan pasokannya pun cukup banyak. Berbeda dengan pilihan komponen lain, yang meskipun lebih kencang namun harganya lebih mahal dan pasokannya juga terbatas.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment